Monday, February 3, 2014

Review Game: Ace Combat The Belkan War




Kali ini yahwa ingin mereview sebuah game yaitu ace combat zero: the belkan war, yang di kembangkan oleh project ace dan di rilis oleh namco bandai.  Adalah permainan dengan pesawat tempur atau jet dogfight. Cerita mengambil waktu 10 tahun sebelum the unsung war. Perang yang terjadi dikarenakan lamanya krisis yang berkepanjangan dibelkan membuat banyak wilayahnya memerdekakan diri. Tidak menerima hal itu belkan berusaha mempersatukan kembali negara-negara itu dengan menginvasi bekas wilayahnya yg telah merdeka. Pemain dalam hal ini memegang karakter “chiper” adalah seorang pilot bayaran yang terbang bersama rekan yang baru dikenalnya, solo wing “pixy”.  Mereka di bayar angkatan udara ustio yang masih kekurangan pilot tempur karna baru merdeka. Seperti gaya permainan dari pendahulunya ace combat: the unsung war, tidak banyak berubah dari sisi permainan yg klasik, hanya saja disini kita dapat lebih leluasa mengkostumasi pesawat kita dengan fitur-fitur baru. 

Namun tidak seperti the unsung war kita memiliki squadron sendiri sampai 3 kru, di belkan war anda hanya memiliki satu kru atau com yang selalu menemani dan membantu anda yaitu Pixy sampai pada pertengahan permainan anda yang kemudian nanti di ganti oleh PJ. Anda dapat memerintah rekan anda dengan tombol command, ada pilihan untuk menyerang, bertahan, kembali keformasi dan menggunakan super weapon yang setiap pesawat memiliki satu jenis yang bisa dibawa dan diubah di hangar sebelum anda memulai misi. Anda dapat memilih dan membeli pesawat serta persenjataan baru dengan point yang anda kumpulkan dari setiap banyaknya musuh yang dapat anda jatuhkan dan hancurkan. Chiper (anda) adalah seorang pilot tempur yang berjuang demi kehormatan dan gengsi sedangkan rekan anda pixy ia melakukan nya untuk uang. Permainan di mulai di pegunungan yang luas yang sedang terjadi badai salju, anda di tugaskan untuk mencegat beberapa pesawat pengebom nuklir yang ingin memasuki wilayah ustio. pixy komplain pada chiper tentang tujuan berperang chiper “aku pernah dengar bahwa kamu adalah pilot yang bertempur untuk kehormatan dan gengsi, tapi hal itu lah yang akan membuat mu mati”. Dalam permainan anda akan bercakap dengan pixy, Pj, dan Awacs serta pusat control. Hal ini yang menjadi nilai lebih dari seri ace combat dengan adanya interaksi antara com dengan pemain langsung. Didalam permainan anda juga akan mendengar percakapan antar musuh, teman, dan lain-lain. Seperti halnya sebuah game, akan ada sesi khusus untuk melawan Boss. Dimana adalah para pilot elite dari musuh yang selalu bermanuver dan menembaki anda di udara. Tapi tenang, karna cockpit anda dilengkapi dengan radar  dan warning Attention yang selalu memberitahu anda apakah anda bebas dari kuncian musuh atau tidak.


 Dalam game ini sepertinya pengembang ingin menonjolkan jalan cerita yang sangat dalam yang dapat membuat emosi anda berubah-ubah, seperti setelah anda menyelesaikan beberapa misi, pixy beberapa kali bertanya pada anda “ yoo buddy, your still alive?” dan dia juga mengatakan bahwa ia sangat suka terbang bersama anda sampai pada suatu saat ia akan mengkhianati anda. Sejalan dengan berjalannya permainan anda akan di anggap sebagai pilot menakutkan bagi musuh dan membuat mereka semakin bertekad mengalahkan anda. Pada misi “battle axe” musuh munjuluki anda demonlord yang kemudian julukan itu dikenal oleh seluruh negara yang terlibat perang dan akan menjadi julukan yang melegenda. Setiap anda terjun dalam pertempuran orang-orang akan berharap banyak bahwa anda akan membawa perubahan dan kemenagan bagi mereka. Setelah pertempuran beberapa lama terjadi sampai akhirnya belkan sadar bahwa melawan beberapa negara tetangga nya yang di bantu sekutu telah membuat mereka terus kalah dalam perang. Sekutu terus masuk kewilayah belkan sampai 2/3 wilayahnya jatuh kesekutu.  Jenderal belkan menjatuhkan 12 bom nuklir di wilayahnya sendiri berharap sekutu bisa kalah dan mundur. Namun hal itu telah membunuh belasan ribu penduduk mereka sendiri. Anda akan melihat scene dimana harapan penduduk belkan hilang saat mereka melihat asap cawan yang membumbung tinggi jatuh di depan mata mereka dan mereka sadar bahwa perang akan semakin buruk dan menuju akhir. Melihat situasi perang yang semakin menyudutkan mereka para petinggi belkan setuju untuk berdamai dalam perjanjian. Namun beberapa kombatan yang tidak menerima perihal itu, mereka mulai berbalik menyerang pemerintahan belkan sendiri. Disaat inilah pixy rekan anda akan pergi dan di ganti oleh PJ. Setelah anda melawan belkan anda akan menghadapi para kombatan yang ingin agar perang terus terjadi. Sampai beberapa misi anda tidak akan tahu keberadaan pixy sampai satu saat setelah anda menjatuhkan sebuah pesawat raksasa akan ada pesan masuk yang terenkripsi yang diretas oleh pj, “yoo buddy, your still alive?”. 

Di tiga misi terakhir anda akan bermain terus tanpa dapat masuk kehangar atau menyimpan permainan anda. Disini anda harus terbang rendah di lembah yang sempit agar tidak terdeteksi radar yang akan menembakkan misil ke arah anda. Namun anda akan tetap menghadapi perlawanan di sepanjang lembah. Di sinilah kemampuan bermanuver anda di uji mampukah anda melewatinya atau akan menghantam tebing-tebing pegunungan. Pilih pesawat yang cocok untuk ketiga misi ini karna anda tidak dapat memilih pesawat lagi sampai game ini tamat. Misi selanjutnya akan lebih sulit dimana anda harus terbang masuk kedalam terowongan sempit dan menembakkan misil untuk menghancurkan beberapa hulu ledak nuklir yang akan diluncurkan. Di misi terakhir anda akan melihat scene saat rekan anda Pj jatuh tertembak oleh pesawat tak dikenal. Selanjutnya anda akan melawan pesawat tak kenal itu yang di piloti pixy, ya rekan anda pertama saat perang melawan Belkan. Pixy akan terus berkata pada anda bahwa perjanjian damai bukan lah jalan terbaik untuk dunia yang lebih baik, dia ingin menyatukan seluruh dunia dalam satu kesatuan dimana tanpa adanya batasan antara satu dengan lainnya di bawah kekuatan baru mereka. Setelah anda mengalahkan pixy, ia akan terjatuh di wilayah bekas jatuh nya nuklir dahulu dan ia sadar bahwa dirinya dibantu oleh penduduk sekitar yang ia kira telah musnah. Saat itu pixy tidak pernah terbang lagi dan ingin masuk kemiliteran di front depan agar ia tahu apa sebetulnya arti dari perbatasan di setiap negara. Saat anda di perintahkan kembali kepangkalan setelah mengalahkan pixy dengan kekuatan baru kombatan dan perang pun segera berakhir, anda akan di undang jamuan perayaan kemenangan. Anda akan melihat scene dimana chiper tidak pernah mendaratkan pesawat nya di pangkalan Ustio dan pergi meninggalkan segala bayaran, kehormatan dan kemenangannya  pada hari itu ke suatu tempat yang tak di ketahui siapa pun. Setelah scene, anda telah menamatkan game ace combat : the belkan war 

1 comment: