Sunday, September 16, 2012

Karakteristik budaya new zealand



1.    1 . bersosialisasi dengan komunitas "Kiwi" (atau New Zealand). Umumnya mereka sanngat "care" dengan International People. Keramahan dan kebaikannya membuat kita tidak merasa kesepian berada di negara ini.

2. mempelajari budaya masyarakat "Maori" (original tribe in NZ). Dua hal yang sangat dikenal dengan budaya Maori adalah "Hangi dan Hongi". Hangi adalah tradisi memasak ala Maori dimana makanan (daging dan sayur-sayuran atau umbi-umbian) dimasak di dalam sebuah lubang di dalam tanah. Tradisi ini hampir sama dengan tradisi masyarakat Papua di Indonesia. Sedangkan Hongi adalah budaya mencium dimana hidung dan kening saling bersentuhan pada waktu yang sama. Budaya ini hampir serupa dengan budaya masyarakat Sawu (Sabu) di propinsi Nusa Tenggara Timur.

3. mengenal makanan masyarakat "Pakeha". Di NZ dikenal dua macam iwi (suku) yakni "Pakeha" dan "Maori". Pakeha adalah warga NZ berkulit putih yang nenek moyangnya berasal dari Inggris yang telah lama mendiami NZ sedangkan Maori adalah penduduk asli NZ sebelum kedatangan orang-orang kulit putih. Seperti kebanyakan warga Eropa, penduduk Pakeha mengkonsumsi burger, sandwich, salad dan roti sebagai menu mereka sehari hari. Selain itu mereka mengkonsumsi pasta, dan berbagai makanan international lainnya.

4. menjalin persahabatan dengan mahasiswa dan masyarakat dari berbagai negara. Hal lain yang menarik selama tinggal di NZ adalah bertemu denganmasyarakat dari berbagai suku bangsa seperti dari Thailand, Taiwan, Singapura, England, Africa (Mozambie, South Africa, dll) , India, Sri Lanka, Pasific Island (Kiribas, Tonga, Vanuatu, Fiji), Australia, Malaysia, China, Hongkong, Japan, Switzerland, Arabic Countries, Jourdan, Iran, Iraq, Mauritius, Norway, France, Germany, Amerika, dan negara lainnya.

5. mengenal aksen bahasa Inggris NZ. Aksen bahasa Inggris orang NZ berbeda dengan Inggris Australia, Inggris-Inggris, maupun Inggris-Amerika. Pada awalnya saya kurang memperhatikan tetapi lama-kelamaan akhirnya mengetahui bahwa cara mereka berbicara berbeda sama sekali. Sekarang ini saya sudah mampu membedakan aksen inggris dari masing-masing negara. Unik....tapi menarik.

6. mengenal "day light saving". Day light saving" ini tidak berlangsung sepanjang tahun. Biasanya dimulai sesudah "winter season" (sekitar bulan Oktober) dan akan berakhir kira-kira pada bulan April berikutnya. Pada bulan-bulan ini matahari akan terbenam sekitar pukul 8.30 malam, sehingga kita tidak perlu menyalakan lampu listrik sebelum pukul 8, yang artinya menghemat listrik.

7. melihat kincir angin. Karena NZ memiliki angin yang bertiup sangat kencang, maka negara ini membangun Pusat Listrik Tenaga Angin. Hal ini sangat menarik karena belum pernah saya jumpai di Indonesia. Mungkin Indonesia bisa meniru NZ, namun pembangkit listriknya bukan tenanga angin melainkan tenaga geothermal atau tenaga air karena Indonesia dikelilingi oleh banyak gunung berapi dan lautan.
2.      Orang-orang Selandia Baru adalah orang yang terkenal ramah dengan minat yang marak akan kebudayaan-kebudayaan lainnya. Sebuah masa pendidikan di sini seringkali merupakan awal persahabatan seumur hidup.
3.      Selandia Baru adalah suatu paduan aneka kebudayaan – termasuk kebudayaan Maori, Pakeha (keturunan Eropa), Asia, dan orang-orang Pasifik. Sejumlah orang Afrika dan Amerika Latin yang semakin bertambah juga menganggap Selandia Baru sebagai rumah mereka sendiri.
4.      Selain penyambutan yang hangat akan Anda alami lingkungan di mana keselamatan dan keamanan dijunjung tinggi. Selandia Baru mempunyai garis-garis haluan yang jelas untuk pendidikan dan penyedia home stay untuk menjamin bahwa pelajar internasional selalu diasuh dengan baik.
5.      Orang-orang Selandia Baru terkenal sebagai bangsa pengembara nomor satu di dunia. Kami senang sekali mengenal kebudayaan-kebudayaan baru dan kami ketahui apa artinya menjadi pendatang baru di negara lain. Kami senang disambut dengan baik bila kami berada di tanah seberang – dan kami balas kebaikan itu dengan menyambut hangat para pelajar internasional.
Bahasa yang digunakan bahasa inggris
Perbedaan indonesia dan new zealand
Perbedaan waktu 5 (lima) jam antara Indonesia dan Selandia Baru mau tak mau membuat sistem metabolisme tubuh saya kebingungan untuk beberapa hari.
Butuh waktu lebih dari satu minggu untuk bisa tidur tepat waktu (tidur jam 9 malam waktu New Zealand), karena tubuh saya masih memikirkan bahwa kami tidur 5 jam lebih cepat dari sebelumnya. Jadi yang seharusnya bisa tidur jam 9 malam waktu Selandia Baru, saya baru bisa tidur setelah jam satu atau jam dua pagi.
Pada musim panas atau summer siang biasanya lebih lama di bandingkan siang di Indonesia, tapi saat winter, siang lebih pendek dan malam lebih panjang. Masalah komunikasi dengan keluarga juga harus diperhitungkan. Dari pengalaman tersebut saya jadi lebih sering menelpon keluarga saat jam 9 atau jam 10 malam waktu New Zealand karena keluarga saya di Indonesia tentu baru jam 4 atau jam 5 sore.
Kalau Anda mau telpon pagi waktu New Zealand, ya berarti masih dini hari di Indonesia. Selamat menikmati waktu yah…


Cara salam orang new zealand
Gaya sapaan di Selandia Baru terinspirasi dari tradisi suku Maori. Gaya sapaan yang yang mereka gunakan disebut Hongi. Hongi ini sangat populer dalam kehidupan sehari-hari hingga dalam beberapa upacara adat.

Cara sapaannya hampir mirip dengan yang ada di Alaska, yaitu dua orang saling berhadapan, hidung bersentuhan lalu di tekan bersamaan. Cara ini membuat mereka percaya bahwa saat melakukan Hongi, berarti dua orang tersebut saling menukarkan ha atau nafas hidup.

Kalau Anda sudah melakukan Hongi ini untuk pertama kalinya, maka status kita akan meningkat dari manuhiri (tamu), menjadi tangata whenua yang berarti telah menjadi salah satu warga mereka. Yang unik dari suku ini, kalau kita sudah menjadi warganya, itu berarti kita diharuskan mengikuti segala kegiatan di daerah mereka.

Budaya New Zealand sebagian besar diwarisi dari Inggris dan Eropa kustom , terjalin dengan tradisi Maori dan Polinesia. Sebuah terisolasi bangsa Pulau Pasifik, Selandia Baru adalah relatif baru-baru ini diselesaikan oleh manusia . Awalnya Māori saja, maka Dwibudaya dan pedesaan dengan nilai-nilai kolonial, sekarang Selandia Baru adalah budaya kosmopolitan yang mencerminkan perusahaan berubah demografi , sadar dari alam lingkungan , dan merupakan dikembangkan, masyarakat Barat terdidik.
Māori budaya memiliki didominasi sebagian besar sejarah Selandia Baru tempat tinggal manusia. Māori pelayar mencapai kepulauan Selandia Baru beberapa waktu sebelum 1300, meskipun tanggal pasti tidak pasti. Selama berabad-abad berikutnya ekspansi Māori dan pemukiman, budaya Māori menyimpang dari yang Polinesia akar. Māori didirikan suku terpisah, desa diperkaya dibangun ( Pa ), berburu dan memancing, diperdagangkan komoditas, pertanian dikembangkan, seni dan persenjataan, dan terus sejarah lisan rinci. menghubungi Eropa Reguler dimulai sekitar 200 tahun yang lalu, dan Inggris imigrasi berjalan cepat selama abad kesembilan belas.
Koloni memiliki efek dramatis pada adat Maori, membawa agama , teknologi, dan bahasa Inggris . Pada 1840 pemimpin Māori menandatangani Perjanjian Waitangi , dimaksudkan agar suku-suku untuk hidup damai dengan penjajah. Namun setelah beberapa insiden, perjanjian itu diabaikan dan Selandia Baru perang tanah pecah dari 1845, dengan Māori menderita kerugian tanah dan identitas, sementara juga semakin menjadi kelompok minoritas selama abad berikutnya. Walaupun ada kemunduran seperti, Māori budaya memiliki kembali banyak pengaruhnya hilang dalam beberapa dekade terakhir.
Eropa Selandia Baru ( Pākehā ), meskipun lokasinya jauh dari Eropa, saldo ikatan budaya yang kuat untuk "Ibu Inggris".  hubungan ini melemah oleh runtuhnya Kerajaan Inggris, ANZAC pertempuran di Gallipoli dan Mesir, dan hilangnya khusus akses ke Inggris dan pasar daging susu. Pākehā mulai membentuk identitas mereka yang terpisah dipengaruhi oleh sejarah perintis , gaya hidup pedesaan dan lingkungan unik Selandia Baru. budaya Pākehā menjadi umum setelah perang tanah, tapi setelah upaya politik berkelanjutan, bikulturalisme dan Perjanjian Waitangi menjadi bagian dari kurikulum sekolah di akhir abad 20, untuk mempromosikan pemahaman antara Māori dan Pākehā.
Baru-baru ini, Selandia Baru budaya telah diperluas oleh globalisasi dan imigrasi dari Kepulauan Pasifik , Asia Timur dan Asia Selatan . Eropa dan Māori tetap dua etnis terbesar, namun besar Polinesia penduduk di Auckland telah mendorong pengamatan yang Auckland sekarang kota Polinesia terbesar di dunia. Namun, negara luar Auckland masih jauh lebih heterogen, dengan besar bagian dari Pulau Selatan terutama sisa keturunan Eropa.
Selandia Baru menandai dua hari nasional zikir, Waitangi Day dan ANZAC Day , dan juga merayakan liburan selama atau dekat dengan peringatan dari tanggal pendirian masing-masing provinsi. The lagu kebangsaan, " Tuhan Pertahankan Selandia Baru " adalah sering dinyanyikan dengan bolak-balik dan bahasa Inggris ayat-ayat Māori. Banyak warga lebih.
Budaya Māori

Māori wanita yang mengenakan hei-tiki di lehernya, pounamu anting-anting anting-anting dan gigi hiu, dan dua Huia bulu di rambutnya. Dia memakai jubah dengan perbatasan pinggiran hitam, dan memiliki moko desain di dagunya.
Para Māori adalah orang-orang Polynesia asli Selandia Baru (Aotearoa). Mereka mungkin tiba di Polinesia selatan-barat dalam beberapa gelombang pada suatu waktu sebelum 1300, meskipun tanggal sampai dengan 2000 tahun yang lalu masih menarik dukungan. Para Māori menyelesaikan pulau dan mengembangkan budaya yang berbeda.
sejarah lisan Maori bercerita tentang perjalanan panjang dari Hawaiki (tanah air mitos di Polinesia tropis) di kano laut-akan besar ( waka ). Mitologi Māori adalah korpus khas dewa dan pahlawan, berbagi beberapa motif Polinesia. Beberapa tokoh terkenal yang Rangi dan Papa , Maui , dan Kupe .
Pusat ke acara budaya banyak adalah marae , dimana keluarga dan suku berkumpul untuk acara-acara khusus, seperti pōwhiri atau Tangi . Māori sering menyebut diri mereka " tāngata whenua "(orang-orang dari tanah), menempatkan kepentingan tertentu pada gaya hidup yang terhubung ke darat dan laut. hidup komunal, berbagi, dan hidup dari tanah tersebut, nilai-nilai tradisional yang kuat.
Nilai-nilai yang berbeda, sejarah, dan pandangan dunia dari Maori disajikan melalui seni tradisional dan keterampilan seperti HAKA , ta moko , waiata , ukiran, tenun, dan poi . Konsep tapu (berarti tabu atau sakral) juga kekuatan yang kuat dalam budaya Māori, diterapkan pada benda, orang, atau bahkan pegunungan.
Eropa bermigrasi ke Selandia Baru dalam meningkatkan nomor dari akhir abad 18, dan teknologi senjata dan penyakit mereka memperkenalkan masyarakat stabil Māori. Setelah 1840 dan Perjanjian Waitangi , Māori kehilangan banyak tanah mereka dan mana (prestise dan otoritas), memasuki masa dan numerik penurunan budaya. Namun populasi mereka mulai meningkat lagi dari akhir abad 19, dan kebangkitan budaya dimulai pada tahun 1960-an, kadang-kadang dikenal sebagai Renaisans Maori .
Budaya Pākehā

Pākehā budaya (biasanya identik dengan Selandia Baru Eropa ) terutama berasal dari dari pemukim Inggris yang dijajah Selandia Baru pada abad kesembilan belas. Meskipun recognisably berkaitan dengan budaya Inggris, ia selalu memiliki perbedaan jelas, dan ini telah meningkat waktu telah berlangsung. Hal-hal yang membedakan budaya Pākehā dari budaya Inggris termasuk tingkat-tingkat yang lebih tinggi egalitarianisme , anti-intelektualisme , dan gagasan bahwa kebanyakan orang dapat melakukan hal-hal yang paling jika mereka menaruh pikiran mereka untuk itu. Dalam budaya Pākehā adalah sub-budaya yang berasal dari kelompok-kelompok Eropa Irlandia, Italia dan lainnya, serta subkultur non-berbagai etnis.
Telah menyatakan bahwa Pākehā tidak benar-benar memiliki budaya, atau jika mereka melakukannya bukan merupakan salah satu yang berbeda. Sebagian dari masalah ini adalah bahwa budaya tinggi sering keliru untuk budaya secara umum, dan kurangnya pengakuan historis diberikan kepada seniman penulis Selandia Baru, dan komposer dipandang sebagai bukti kurangnya budaya. Sebaliknya, Pākehā budaya pop umumnya sangat terlihat dan sering dihargai. Hal ini diamati dalam kepercayaan umum bahwa kiwiana , kategori gaya 1950-artefak kitsch, adalah batu ujian budaya yang menentukan. 
Lainnya berpendapat keyakinan bahwa dalam 'ketiadaan' budaya di NZ adalah gejala istimewa putih , memungkinkan anggota kelompok yang dominan untuk melihat budaya mereka sebagai 'normal' atau 'default', bukan sebagai posisi tertentu dari keuntungan relatif. Salah satu tujuan dari Pākehā kelompok anti-rasis tahun 1980-an adalah untuk memungkinkan Pākehā untuk melihat budaya mereka sendiri seperti itu, daripada berpikir apa yang mereka lakukan adalah normal dan apa yang orang lain lakukan adalah 'etnis' dan aneh. 

Bahasa
Selandia Baru memiliki tiga bahasa resmi : Bahasa Inggris Selandia Baru , Te Reo Māori (bahasa Māori), dan New Zealand Sign Language . Dalam prakteknya hanya bahasa Inggris secara luas digunakan meskipun upaya besar telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir untuk memelihara Te Reo. Banyak bahasa lain dituturkan di Selandia Baru karena keragaman ras sebagai negara multikultural.
Bahasa Inggris Selandia Baru
Bahasa Inggris Selandia Baru dekat dengan bahasa Inggris Australia dalam lafal, tetapi beberapa perbedaan yang sering diabaikan oleh orang-orang dari luar negara-negara tersebut. Perbedaan yang paling jelas adalah dalam pengucapan vokal. I suara-Australia adalah seperti e Selandia Baru, dan New i Selandia seperti Australia u. Selandia Baru vokal pada umumnya lebih lembut. Beberapa perbedaan ini menunjukkan Bahasa Inggris ke Bahasa Selandia Baru memiliki kedekatan lebih dengan Inggris dari Inggris selatan dari Australia berbahasa Inggris. Beberapa perbedaan juga menunjukkan pengaruh pidato Māori. Yang mencolok Perbedaan yang paling dari dan bentuk-bentuk bahasa Inggris Australia (meskipun sebagian bersama dengan Afrika Selatan Inggris ) adalah i diratakan Selandia Baru bahasa Inggris. Aksen Selandia Baru juga memiliki beberapa pengaruh Skotlandia dan Irlandia dari banyaknya pendatang dari tempat-tempat selama abad ke-19. Pada saat sensus 2006, bahasa Inggris yang diucapkan oleh 3.673.623 orang: 91,2% dari total populasi.
Te Reo Māori
Sebuah bahasa Polinesia Timur, Te Reo Māori berkaitan erat dengan Tahitian dan Cook Kepulauan Māori; sedikit kurang dekat dengan Hawaii dan Marquesan, dan lebih jauh ke bahasa Polinesia Barat, termasuk Samoa, Niuean dan Tonga. Bahasa pergi ke penurunan dalam hal penggunaan berikut kolonisasi Eropa, tetapi sejak tahun 1970-an agak sukses upaya telah dilakukan untuk membalikkan tren ini. Ini termasuk pemberian status bahasa resmi melalui UU Bahasa Māori , 1987 sebuah bahasa Māori seminggu dan Māori Televisi saluran. Sensus 2006 menemukan Te Reo untuk diucapkan oleh 157.110 orang, sehingga bahasa yang paling umum di Selandia Baru setelah bahasa Inggris.
Bahasa Isyarat Selandia Baru
Baru Selandia Daftar Bahasa memiliki akar di British Sign Language (BSL), dan mungkin secara teknis dianggap sebagai dialek Inggris, Australia dan New Zealand Daftar Bahasa (BANZSL). Ada kesamaan% 62,5 ditemukan di British Daftar Bahasa dan NZSL, dibandingkan dengan 33% dari tanda-tanda NZSL ditemukan di American Sign Language. Seperti bahasa isyarat alam, hal itu dirancang oleh dan untuk orang-orang tuli, dengan tidak ada sambungan linguistik ke bahasa lisan atau tertulis, dan sepenuhnya mampu mengungkapkan apa saja yang penandatangan fasih ingin katakan. Ia menggunakan lebih bibir-pola dalam hubungannya dengan tangan dan gerakan wajah untuk tanda-tanda isyarat dari BSL, mencerminkan sejarah Selandia Baru pendidikan oralist orang tuli. Its kosakata Māori termasuk konsep-konsep seperti marae dan Tangi, dan tanda-tanda untuk nama tempat Selandia Baru. Baru Selandia Daftar Bahasa menjadi bahasa resmi Selandia Baru pada bulan April 2006. Sebanyak 24.090 orang di menggunakan Baru Selandia Baru Selandia bahasa isyarat.
Bahasa lain
Menurut sensus 2006, 174 bahasa yang berbeda yang digunakan di Selandia Baru (termasuk bahasa isyarat). Setelah bahasa Inggris dan Māori, yang paling umum adalah Samoa (85428 pembicara), Prancis (53.757), Hindi (44.589) dan Kanton , dituturkan oleh 44.154 orang). Jumlah penutur Perancis ini mungkin disebabkan popularitas Perancis sebagai subjek di sekolah daripada bukti skala besar Francophone imigrasi. 

Seni
Selandia Baru memiliki dua ' budaya yang tinggi tradisi ': Māori dan Barat. Namun bahan yang paling budaya dikonsumsi di Selandia Baru diimpor dari luar negeri, terutama dari Inggris dan Amerika Serikat. Karena ini dan itu kecil penduduk Selandia Baru, sebagian besar Selandia Baru seniman, artis dan penulis berjuang untuk mencari nafkah dari seni mereka. Beberapa dana untuk seni disediakan melalui seni tertentu berdasarkan departemen pemerintah, Kreatif Selandia Baru . The Selandia Baru Tempat Bersejarah Trust dan Departemen Budaya dan Warisan adalah badan nasional yang membantu pelestarian warisan. Sebagian besar kota dan kota memiliki museum dan sering galeri seni, dan museum nasional dan galeri seni Te Papa ('kami Place'), di Wellington .
Seni rupa
Pra-Eropa Māori seni visual telah dua bentuk utama: ukiran dan tenun. Kedua cerita dicatat dan legenda dan juga memiliki peran agama. Ketika orang Eropa tiba, mereka membawa bersama mereka tradisi seni Barat. Awal seni Pākehā difokuskan terutama pada lukisan pemandangan, meskipun beberapa Pākehā seniman yang paling terkenal dari abad kesembilan belas ( Charles Goldie dan Gottfried Lindauer ) khusus di potret Māori. Beberapa Māori mengadopsi gaya Barat dan sejumlah rumah pertemuan abad kesembilan belas fitur dinding dicat dengan potret dan desain tanaman. Dari awal abad kedua puluh Apirana Ngata dan lain-lain memulai program Māori menghidupkan kembali kesenian tradisional, dan banyak rumah-rumah pertemuan baru dibangun dengan ukiran tradisional dan tukutuku (panel dinding tenunan) dibangun. Perhatian lama seniman Pākehā telah penciptaan artistik Selandia Baru gaya jelas. Rita Angus dan lain-lain digunakan lanskap untuk mencoba dan mencapai pelukis saat ini seperti Gordon Walters digunakan motif Māori. Sejumlah artis Māori, termasuk Paratene Matchitt dan Shane Kapas menggabungkan modernisme Barat dengan seni Māori tradisional.
Seni Pertunjukan
HAKA Kapa
HAKA Kapa , (peringkat 'kapa berarti' atau 'baris' dan HAKA merujuk ke pesta dansa Māori), adalah 'budaya' tarian komponen dari Māori Pertunjukan Seni tradisional. HAKA Kapa merupakan celah untuk Maori orang untuk mengungkapkan warisan mereka dan identitas budaya melalui lagu dan tarian. Ini telah mengalami kebangkitan, dengan kompetisi nasional yang diselenggarakan HAKA tahunan dan kapa digunakan dalam kesempatan banyak negara. The HAKA (sering dikira sebagai selalu menjadi tarian perang atau tantangan ritual) telah menjadi bagian dari budaya yang lebih luas Selandia Baru, yang dilakukan oleh All Blacks sebagai ritual grup sebelum pertandingan internasional dan Selandia Baru rindu dari semua ras yang ingin mengekspresikan mereka Baru Zealandness.
Drama
Selandia Baru drama, baik di panggung dan layar, telah melanda selama banyak sejarah dengan biaya dan kurangnya minat budaya populer di Selandia Baru. Meskipun ini Hall Roger dan, baru-baru ini, Yakub Rajan adalah dua dramawan untuk mencapai keberhasilan cukup populer. Dalam beberapa dekade terakhir film Selandia Baru telah tumbuh secara dramatis, dengan film Sekali Apakah Warriors , The Piano dan Heavenly Creatures baik-baik baik lokal maupun internasional, dan Lord of the Rings trilogi sutradara Peter Jackson menjadi salah satu yang paling sukses sutradara film. Selandia Baru komedian paling populer adalah akhir Billy T. James . 
Musik
Selandia Baru mengambil sebagian musik dengan bentuk yang sama seperti yang dilakukan oleh 'yang lain' negara-negara Barat, dengan hip-hop yang sangat populer di kalangan Māori muda dan Kepulauan Pasifik. Selandia Baru hip-hop cenderung lebih lucu dan kurang banyak kekerasan dan seksis dibandingkan dengan negara lain. Ada berkembang live musik tapi kecil dan pesta dansa adegan. Musik klasik telah populer kurang mendukung, namun Selandia Baru telah menghasilkan beberapa sukses komposer dan internasional yang terkenal opera penyanyi ( Kiri Te Kanawa ). Ada juga musik indie yang kuat adegan hadir di Selandia Baru.
Komedi
Dalam beberapa dekade terakhir Selandia Baru komik telah naik dalam popularitas dan pengakuan. Pada 1970-an dan 1980-an T Billy James hubungan ras satir, dan McPhail & Gadsby lampooned tokoh politik, terutama Rob Muldoon . John Clarke alias Fred Dagg bercanda tentang kehidupan pedesaan. Dari tahun 1990-an dan seterusnya yang Samoa Naked menyatakan rasa Polynesia humor untuk bangsa, dan Raybon Kan adalah komik Asia dan kolumnis terkemuka. The Twins Topp merupakan off-beat komik / musik duo negara, dan Penerbangan dari Conchords telah menjadi terkenal di seluruh dunia berbahasa Inggris untuk menonjolkan diri menunjukkan mereka.
Sastra
paling sukses awal penulis Selandia Baru adalah ekspatriat seperti Katherine Mansfield . Dari tahun 1950-an, Frank Sargeson , Janet Frame dan lain-lain telah (tidak menguntungkan) karir menulis ketika masih tinggal di Selandia Baru. Sampai sekitar tahun 1980-an, Selandia Baru sastra form utama adalah cerita pendek, tetapi dalam beberapa dekade terakhir novel seperti Alan Duff Setelah Were Warriors , Elizabeth Knox 's's Luck penjual anggur dan lain-lain telah mencapai dan populer keberhasilan kritis. budaya Māori secara tradisional lisan daripada melek, tetapi dalam beberapa tahun terakhir Māori novelis seperti Duff, Witi Ihimaera dan Keri Hulme dan penyair seperti Hone Tuwhare telah menunjukkan penguasaan bentuk-berasal Eropa. Austin Mitchell menulis dua " Pavlova Paradise "buku-buku tentang Selandia Baru. Barry Crump adalah seorang penulis populer yang diwujudkan dan menguraikan mitos tentang bajingan muda Kiwi dan multi-terampil buruh. Sam Hunt dan Gary McCormick yang dikenal penyair juga. James K Baxter adalah seorang tetapi dikagumi penulis eksentrik. Maurice Gee juga nama rumah tangga untuk novel tentang kehidupan Selandia Baru.
Selandia Baru kartunis David Low menjadi terkenal selama Perang Dunia II untuk sindiran politik. Gordon Minhinnick dan Les Gibbard juga pengamat politik cerdas. Murray Ball menarik populer sindikasi luas strip harian Footrot Flats , tentang kehidupan pertanian. 

Agama
Pra-Eropa agama Māori adalah politeistik . Salah satu fitur utama adalah tapu (suci dan / atau dilarang), yang digunakan untuk mempertahankan status kepala dan tohunga (imam) dan juga untuk tujuan seperti konservasi sumber daya. Beberapa pemukim Eropa awal di Selandia Baru Kristen misionaris , sebagian besar dari Gereja Anglikan tetapi juga dari lainnya Protestan denominasi dan Gereja Katolik . Dari tahun 1830-an dan seterusnya, sejumlah besar Māori dikonversi. Sepanjang abad kesembilan belas sejumlah gerakan muncul yang dicampur kepercayaan tradisional Māori dengan agama Kristen. Ini termasuk Pai Marire , Ringatu , dan pada awal abad kedua puluh, Ratana . Mereka biasanya berpusat pada pemimpin-nabi. Gereja-gereja terus menarik banyak pengikut, menurut sensus 2006, 50.565 orang Ratana beriman, dan 16.419 lainnya yang Ringatu. 1.689 orang menyatakan bahwa mereka mengikuti agama Māori. Māori Banyak anggota gereja arus utama, dan mereka tanpa agama tertentu, terus percaya pada tapu, terutama di mana orang mati prihatin, meskipun tidak pada tingkat yang sama seperti nenek moyang mereka.
Pākehā telah menjadi kurang religius terus selama abad kedua puluh. Pada 1920-an masih ada tingkat tinggi cukup dari sektarianisme dan prasangka anti-Katolik, tetapi hal ini sejak mereda dan gereja-gereja utama umumnya bekerja sama dengan satu sama lain. Gereja-gereja dan kelompok lobi agama memiliki pengaruh kecil politik di mana Pākehā yang bersangkutan. Sebagian besar Pākehā agama adalah Kristen, tetapi sebagian kecil mengikuti agama-agama non-Kristen, khususnya Buddhisme , dan jumlah yang lebih besar memiliki keyakinan samar di era baru ide-ide seperti kekuatan penyembuhan kristal.
Kepulauan Pasifik di Selandia Baru memiliki tingkat jauh lebih tinggi dari kedua Kristen nominal dan pergi ke gereja dari Selandia Baru yang lain. Ada sejumlah gereja Pasifik Pulau Kristen di Selandia Baru, migran non-Pākehā lain telah membawa mereka berbagai agama termasuk Islam dan Hindu , meskipun banyak yang beragama Kristen atau tidak.
Sensus 2006 menemukan bahwa 2.136.258 Selandia Baru mengidentifikasi sebagai Kristen. Denominasi paling diikuti adalah Anglikan (554.925), diikuti oleh Katolik (507.771) dan Presbiterian (385.350). Agama non-Kristen yang paling sering dipraktekkan adalah Hindu, dengan 63.540 pengikut, diikuti oleh Buddhisme (52.158) dan Islam (35.858). Sebanyak 1.297.104 Selandia Baru tidak memiliki agama.

1 comment: