Dari
Perbendaharaan Lama
Prof. Dr.
HAMKA
BAGIAN
KEENAM
I. MAHOR CAP
SEMBILAN
Apabila Sri Iskandar Muda Mahkota
Alam, Sultan Negeri Aceh Darussalam naik takhta kerajaan (1607 - 1636)
sangatlah diusahakan baginda hendak membuat negeri Aceh menjadi besar dan
berdaulat. Dia telah melihat bahaya yang akan menimpa dari segala pihak. Musuh
besar telah menjejakkan kakinya pada dua buah Kerajaan Islam yang dahulunya
berdaulat. Portugis telah satu abad menduduki Malaka, dan Belanda telah
menancapkan kakinya di Jakarta. Sultan Agung Mataram herkelahi tidak
henti-hentinya dengan Kompeni.
Kedaulatan Aceh mesti berdiri,
merdeka ke luar dan ke dalam. Negara mesti kuat. Kekuatan negara adalah pada
dua perkara, pertama kuat rohaninya, teguh agamanya dan luas ilmu
pengetahuannya. Kedua hendaklah kuat kehidupannya, makmur rakyatnya dan subur
tanahnya. Keduanya itu mesti sekali jalan. Agama tidak hidup pada negeri yang
tidak makmur. Dan kemakmuran payah dicapai kalau jiwa tidak bersih. Oleh sebab
itu maka baginda Iskandar Muda Mahkota Alam berusaha keras memajukan kedua
pokok kehidupan itu.
Urusan kenegaraan, ke luar dan ke
dalam dipegang oleh beliau sendiri. Didatangkan beberapa orang ahli pertanian
untuk mengajar rakyat bertani.
Dalam hal ini serupalah baginda
dengan Maulana Yusuf di Bantam. Apabila telah subur tanah dan bagus hasil bumi,
rakyatpun gembira. Bilamana mereka telah gembira, patuhlah mereka menurut
aturan. Dan aturan dijalankan ialah aturan agama. Masyarakat pun masyarakat
agama. Mengerjakan sawah ladang dengan bergotong-royong, tolong bertolong.
Supaya masyarakat itu subur senantiasa, maka masyarakat setiap perkampungan
dipusatkan kepada sebuah Madrasah disebut dalam bahasa Aceh. Meunasah. Apabila
telah pulang dari sawah di waktu senja hari, kedengaranlah muazzin menyerukan
azan, memanggil ummat berkumpul mengerjakan sembahyang Maghrib. Sehabis
sembahyang dipelajarilah agama, menurut Mazhab Ahli Sunnah wal Jama'ah.
Pimpinan kampung itu dinamai Imam. Imeum menurut lidah orang Aceh. Apabila
kampung-kampung dengan meunasahnya telah berkembang dan banyak, berdirilah
sebuah mesjid besar. Satu kemesjidan dinamai Muqim. Sebab menurut faham Mazhab
Syafi'i, orang-orang yang telah muqim, atau mustauthin, 40 orang
sekurang-kurangnya, telah boleh mendirikan Jum�at.
Kumpulan dari beberapa muqim,
dikepalai oleh seorang Ne'eblang. (Ulubalang). Ulubalang bertanggung jawab
menjaga keamanan rakyat, ke luar dan ke dalam. Menjaga ketertiban dan keamanan,
dan bertanggung jawab langsung kepada Baginda Iskandar Muda Mahkota Alam.
Baginda sangat kasih kepada
Ulama, baik Ulama Fiqhi atau Ulama Tasawuf. Karena dengan Fiqhi, rakyat belajar
syari'at dan beramal tidak melanggar ketentuan syara'. Dan dengan Tasawuf,
rakyat memperhalus perasaannya dan jalan Tharikat mendekati Ilahi supaya fana
dirinya, bersatu dengan Ilahi, agar tercapailah baqa yang sejati.
Maka banyaklah Ulama-Hukama
datang ke Aceh dari luar negeri. Ada yang datang dari India, ada yang datang
dari Iran (Persia), dan sudah tentu banyak juga yang datang dari tanah Arab.
Ulama-ulama besar itupun bertukar fikiranlah memperkatakan inti sari agama,
secara berdalam-dalam. Kadang-kadang panaslah pertengkaran itu, sehingga
kerajaan terpaksa campur tangan. Pertengkaran yang panas adalah tentang faham
"Wihhatu'l Wujud", faham Pantheisme menurut ajaran Tasawuf Ibnu Arabi
dan Al Hallaj, yang dipelopori oleh Hamzah Fansuri, dan muridnya Syamsuddin
Sumatrani. Faham mereka ini ditentang oleh Nuruddin orang kampung Ranir yang
berasal dari Hindustan, tetapi telah bercampur darah Aceh! Di samping mereka
terdapat juga Ulama lain, bernama Ibrahim Asy Syami berasal dari negeri Syam.
Adapun Ulama yang lebih
berpengaruh dan amat disegani, ialah Abdurrauf. Murid ramai belajar ke
madrasahnya di Kuala. Ada yang datang dari Minangkabau, ada yang datang dari
Malaka, Perak dan Kedah, dan ada juga yang datang dari Bantam. Sehingga
tinggallah dalam pepatah-petitih orang Aceh, datang sekarang kini.
"Adat
bak po teumereuhom, hukom bak syiah kualo"
(Adat
istiadat negeri pulang kepada Marhum Mahkota Alam, aturan syarak pulang kepada
yang bermaqam di Kuala).
Sri Iskandar Muda Mahkota Alam,
adalah seorang Sultan yang shaleh, tetapi kalau perlu bersikap kejam. Puteranya
sendiri yang diharap akan menjadi Putera Mahkota dibunuhnya, sebab diketahuinya
bahwa putera ini sombong dan angkuh kepada rakyat, padahal Baginda tidak
mempunyai anak laki-laki, selain dari itu yang berhak menggantikannya kalau
Baginda mangkat. Beliau tangkas berperang meluaskan daerah, dan lincah juga
mengikat tali persahabatan dengan raja-raja yang lain. Utusan dan Duta-duta
Besar Istimewa, Baginda kirim ke negeri "atas angin�, membawa bingkisan tanda bersahabat. Baginda
menyebutkan dirinya "Maharaja di Raja" (Kaisar) pulau Sumatera.
Sultan Turki menerima utusan Baginda dengan baik dan sangat hormat, dan merasa
diri lebih kecil dari Maharaja di Raja pulau Sumatera itu, sebab negeri Turki
ketika itu sedang kacau, turun Sultan naik Sultan , yang turun dibunuh dan yang
naik dipengaruhi oleh Wazir Besar (Shadral Azam). Tetapi King James Il, Raja
Inggris merasa kagum dengan kebesaran Raja Sumatera itu.
Berhaklah Baginda kalau beginda
hendak menyebut dirinya Kaisar Sumatera, sebab pantai Barat pulau Sumatera
melingkungi Tapak Tuan, Sibolga, Barus, Natal, Air Bangis, Pariaman dan Padang,
sampai ke Bandar Sepuluh, dan sampai ke pada negeri Indrapura, yang bersultan
sendiri, adalah di bawah perlindungan Aceh. Lawannya di Pantai Barat itu adalah
Portugis, memperebutkan perniagaan lada. Di sana dia berbatas dengan Bengkulu
yang di bawah kuasa Bantam.
Ke sebelah Timur di bawah
pemerintahannya. Aru, Langkat, Deli dan Serdang, sampai ke Labuhan Batu, Bilah
dan Panai dan sampai berbatas dengan Siak: Bahkan Siak pun pernah didudukinya.
Ke Malaya pernahlah ditaklukkannya Kedah dan Perak, bahkan sampai dia menghukum
Johor.
Pada negeri-negeri yang telah
ditaklukkannya itu kadang-kadang ditetapkannya Raja di sana menurut silsilah
keturunannya, dan kadang-kadang dikirimnya orang besar dari Aceh sendiri dan
dirajakannya di tempat itu. Seorang di antara raja yang dikirim itu ialah nenek
moyang Sultan Deli. Semua mereka diberi "Surat Pengangkatan" yang
dicap dengan cap baginda sendiri. Bernama "Mahor Cap Sembilan".
Maka "Mahor Cap
Sembilan" ini masihlah terdapat pada beberapa buah istana di negeri
Melayu, dan kalau rajanya telah habis, karena negeri itu tidak perlu beraja
lagi, maka anak cucunya bolehlah menyimpan cap itu sebagai kenang-kenangan.
"Barang yang sangat mahal
karena nilai sejarahnya, kalau dijual di pasar loak, seringgit pun berat orang
menawar . . . . "
II. DEWAN
PERWAKILAN RAKYAT DI ACEH
(Di Abad
Ketujuh Belas)
Pada zaman Sultan Iskandar Muda
Mahkota Alam (1603 - 1737) negeri Aceh dengan pimpinan baginda mencapai
kemajuan yang jarang tandingnya di negeri-negeri Islam yang lain, terutama
dalam susunan pemerintahan, sehingga Sultan tidaklah memerintah dengan maunya
sendiri. Dan cita susunan pemerintahan itu timbul dari baginda sendiri.
Sultan sebagai penguasa tertinggi
diapit di kiri kanannya oleh beberapa kekuasaan tertinggi. Ada Wazir Sulthan,
ada Perdana Menteri dengan para menterinya, ada Kadi Malikul Adil dengan 4
Mufti di bawahnya menggali hukum agama, ada Balai Laksamana yang mengepalai
Tentara Laut dan Darat, ada menteri Dirham (Keuangan) yang bertanggung jawab
langsung kepada Sultan; ada pula Baitul Maal (perbendaharaan Negara) dan di
bawahnya ada pula suatu jawatan bernama "Balai Furdhan" yang memungut
cukai dan biaya pelabuhan. Semuanya itu Pelaksana (executif).
Di samping itu terdapatlah tiga
tingkat "Balai Musyawarat" (Legislatif).
1. Balairung dilengkapi dengan 4 Hulubalang
terbesar di Aceh Raya.
2. Balai Gading, dilengkapi dengan 22 orang
Ulama besar.
3. Balai Majelis Mahkamah Rakyat. Dilengkapi
dengan 73 anggota yang datang dari 73 mukim.
Yaitu tiap satu mukim satu orang
wakil rakyat. (Dan dituliskan nama-nama ke 73 wakil rakyat "yang
terhormat" itu).
1. Sahi1. 2. Bujang rum'at. 3.
Ahmad Bungsu. 4. Abdulyatim. 5. Abdurrasyid. 6. Faimir Said. 7. Iskandar. 8.
Ahmad Dewan. 9. Mayor Thalib, orang Turki. 10. Si Nyak Bunga. 12. Si Halifah.
13. Ahdal.14. Abd. Ghani. 15. Abd. Majid. 16. Si Sanah. 17. Khoja Hamid, orang
Turki. 18.'Isa. 19.Hidayat. 20.Si Nyak Bunga. 21.Munabinah. 22.Siti Cahaya.
23.Mahkiyah. 24.Si Bukih. 25.Si Saman. 26. Ahmad Jamil. 27. Bin Muhammad. 28.
Si Nyak Ukat. 29. Khoja Nasir, orang Turki. 30. Si Manyak Puan. 31. Abdulwahid.
32. Mahk Saleh Samir. 33. Khathib Mu'azhzham. 34. Imam Mu'ahham. 35.
Abdurrahman. 36. Badai. 37. Bujang Aransah. 38. Nadisah. 39. Mayor Muhammad,
orang Turki. 40. Ahmad Syah (? kurang terang). 41. Penghulu Mualhm. 42. Sri
Dewa. 43. Si Syahid. 44.Si Banyak. 45. ( ? ). 46. Si Nyak Reihi. 47. Ahmad
Ratib. 48. Si Minhan. 49.Si Jibah. 50. Mustafa. 51. Si Syidin. 52. Si Rajuna.
53.Si Aman Khan. 54. -55. (? tidak jelas). 56. Khoja Rahasia, orang Turki. 57.
Badai ' Atuq. 58. Uli Puan. 59. Siti Awan. 60. Si Nyak Angka. 61. Si Aman.
62.Si Nyak Tamph. 63. Abdul Muqim. 64. Si Mawar. 65. Si Manis. 66. Abdul Majid.
67. Ibrahim. 68. Abdullah. 69. Umar. 70. Abdur Rahim. 71. Muhyiddin. 72. Harun,
dan yang ke 73.Abdulmuthalib.
"Syahdan "- kata
lanjutan buku itu - Sebermula pertama Si Nyak Tampli, kedua Ibrahim Purba,
ketiga Abdullah, tiga orang ini kebahagian Paduka Tuan. Yang kedua, pertama
Umar, kedua Abdurrahim, ketiga Muhyiddin ketiga orang ini bahagian Pa(duka) Sri
Rama. Yang ketiga, pertama Harun, kedua 'Abdulmuthalib, ketiga Muhyiddin, tiga
orang ini bahagian Maharaja Lela. Maka yang 9 orang ini masuk dalam bahagian
Wazir. Dan 64 orang itulah anggota Majelis yang duduk dalam Balai Majelis
Mahkamah Rakyat yang menjunjung tinggi Qanun Mahkota Alam.
Tugas Balai
Majelis Mahkamah Rakyat
Di halaman lain dengan ringkas
disebutkan tugas Majelis tersebut:
"Dan, Majelis Mahkamah
Rakyat ia berhak mengurus hal negeri dan mengurus rakyat sempurna, supaya
rakyat dapat senang hidup, dart dapat banyak hasil, makmur, dan aman dan
menjaga huru-hara negeri, dan ditimbang sekalian pekerjaan urusan rakyat besar
dan kecil. Timur dan Barat, tunong dan baruh dan mengerjakan perbuatan
kebenaran dan keadilan supaya aman negeri dan taat rakyat. "
Yang menarik perhatian kita
dengan keterangan ini, ialah bahwa pada tahun 1059 Hijriyah, artinya 324 tahun
yang telah lalu (sekarang tahun 1383) Kerajaan Aceh Darussalam, di bawah
pimpinan Ratunya Shafiatuddin Taju'l Alam Permaisuri, telah mengambil
kebijaksanaan memasukkan kaum wanita ke dalam Perwakilan Rakyat, mewakili
mukim-mukimnya masing-masing. Padahal dalam zaman pemerintahan baginda itu
terkenallah Aceh Darussalam yang disebut "Serambi Mekkah" itu karena
banyak Ulamanya. Bahkan dalam pemerintahan kaum Ulama pun mendapat kedudukan
yang resmi dan seorang Perdana Menterinya pun haruslah di samping ahli dalam
hal adat-istiadat dan qanun (undang-undang) dan resam (protokol) wajiblah dia
seorang yang Alim Faqih. Dengan demikian nyatalah bahwa Alim Ulama di Aceh pada
masa itu sudah sampai kepada ijtihad bahwa wanita boleh menjadi raja dan
wanitapun boleh menjadi anggota dari Balai Mahkamah Rakyat.
Nama-nama
anggota wanita disalinkan kembali di sini.
10. Si Nyak Bunga.12. Si
Haltfah.16. Si Sanah. 21. Munabinah. 22. Siti Cahaya. 23. Mahkiyah. 24. Si
Bukih. 28. Si Nyak Ukat. 30. Si Nyak Puan. 38. Nadisah. 49. Si Jibah. 58. Illi
Puan. 59. Siti Awan. 60. Si Nyak Angka. 62. Si Nyak Tampli. 64. Si Mawar. 65.
Si Manis. Yang meragukan karena pemberi keterangan kepada kami, hanyalah
seorang yaitu anggota no. 62. Nyak Tampli, apabikah dia wanita atau laki-laki.
Rupanya 9 orang terpilih dari yang 73 orang itu duduk dalam Dewan Harian Pemerintahan,
sebagai Badan Pelaksana Harian (BPH) istilah kita sekarang.
Balai
Majelis Mahkamah Rakyat ini telah baginda titahkan pada 12 Rabi' ul Awal 1042
(341 tahun sampai sekarang).
Dalam
perintah mendirikan itu Baginda berkata:
"Supaya
senang rakyat semuanya dan membahagiakan Aceh Darussalam. "
Setelah Sultan Iskandar Muda
Mahkota Alam mangkat, naik takhtalah menantu Iskandar Istani, dan setelah
baginda inipun mangkat, naik takhtalah permaisuri dari Iskandar Istani, puteri
dari Mahkota Alam, Raja Perempuan Pertama dalam Sejarah Islam di negeri-negeri
Melayu ini, yaitu.
'Sultanah
Shafiyatuddin Taju'l 'Alam, yang disebutkan juga "Maharaja Permaisuri.�
Atas titah baginda pula, maka
tahun Hijrah 1059 (seribu limapuluh sembilan), Anggota Balai Majelis Mahkamah
Rakyat itu diperbaharu dan dilengkapi dengan anggota-anggota wanita 15 orang
banyaknya. Tersebut dalam catatan "qanun al asyi Darussalam�, yang disalin turun temurun oleh anak cucu dengan
tangan karena percetakan belum ada. Salinan terakhir yang sampai ke tangan kita
ialah surat salinan yang di tangan Tengku di Abai, Ibnu Ahmad daripada Habib
Abubakar bin Usman bin Hasan bin Wundi Molek Syarif Abdullah bin Sultan
Jamalu'l Alam Badrul Munir Jamalullail Ba' alawi, salah seorang Sultan keturunan
Arab sehabis masa raja-raja perempuan. Salinan terakhir itu ialah pada tahun
1310 Hijriyah (73 tahun yang lalu), semasa berkecamuknya perang Aceh. Akhirnya
catatan itu jatuhlah ke tangan seorang pemuda Aceh, Sdr. Muhammad Husin Hitam.
Dari salinannya inilah kita dapat membaca daftar nama-nama anggota Balai
Majelis Mahkamah Rakyat Aceh 358 tahun yang lalu itu, yang di dalamnya terdapat
nama 15 orang perempuan itu.
Demikian
kita salin.
Amat mendalam kesan yang kita
dapat demi menyalin kembali sejarah suatu yang penting dari Negara kita ini,
yaitu daerah Aceh. Apatah lagi apabila kita bandingkan dengan insiden hebat
yang terjadi di antara Kaum Ulama (Mulla) di Iran pada bulan Juni 1963 karena
maksud pemerintahnya hendak memberikan hak memilih dan dipilih bagi Kaum
Wanita. Pertumpahan darah tidak dapat dielakkan dan penangkapan besar-besaran
terhadap Ulama telah berlaku, ini di dalam pertengahan abad keduapuluh, sedang
di bahagian tanah air kita, Ujung Utara pulau Sumatera, keadaan ini sudah dapat
diselesaikan pada pertengahan abad ketujuh belas. Sedang di dalam "Qanun
Asyi Darussalam" itu dengan tegas dinyatakan bahwa sumber, hukum, adat,
qanun dan resam, tidak lain ialah Qur' an, Hadits, Ijma' dan Qiyas, menurut
Mazhab AhlusSunnah wal Jama'ah, tidak boleh menyeleweng dari itu.
Rupanya hak-hak yang diberikan
kepada kaum perempuan, dengan persetujuan daripada Ulama sendiripun, sebab
Ulama-ulamapun duduk dalam pemerintahan di samping raja, menyebabkan kaum
perempuanpun setia memikul kewajibannya. Inipun berkesan kepada cara hidup
mereka. Di seluruh tanah air kita ini, di Acehlah pakaian asli wanita memakai
celana. Sebab merekapun turut aktif memegang peranan di dalam perang. Mereka
menyediakan perbekalan makanan, mereka membantu di garis belakang dan merekapun
pergi ke medan perang mengobati yang luka. Itu pula sebabnya maka "Sejarah
Teuku Umar, Johan Pahlawan tidak dapat dipisahkan dari sejarah istrinya Teuku
Cut Nyak Dhin yang bertahun-tahun setelah suaminya tewas mencapai sjahid di
medan jihad, namun beliau, Pahlawan puteri itu masih meneruskan perjuangan,
walaupun tinggal seorang diri. Dan hanya dapat ditangkap setelah seorang
pengikutnya menunjukkan tempat persembunyiannya kepada serdadu Marsose Belanda,
bukan karena pengkhianatan pengikut itu. Melainkan karena mempunyai keyakinan
tidak ada perlunya meneruskan hidup dalam hutan, karena seluruh Aceh telah
ditaklukkan dan Sultan sendiripun telah menyerahkan diri kepada Belanda, karena
tidak mungkin lagi meneruskan perjuangan. Si pengikut yang menunjukkan tempat
persembunyian beliau itu melihat bahwa Pahlawan Wanita itu telah mulai tua dan
badan sakit-sakit karena kurang makan di hutan, sedang pengiringnya tidak lebih
dari 4 atau 5 orang lagi yang tinggal.
Seketika opsir Belanda yang
disuruh menjeputnya hendak menjabat tangannya, beliau telah berkata.
"Bek kamat ke, kapeh
celaka". (Jangan pegang tanganku, kafir celaka).
Semangat wanita pada suku bangsa
yang seperti ini, menyebabkan tidak lagi heran jika ada di antara mereka yang
sampai menjadi Anggota Balai Majelis Mahkamah Rakyat, bahkan 4 orang sampai
menjadi Sultan Aceh.
Mereka
diberi hak dan merekapun memikul kewajiban untuk agama, bangsa dan negara
dengan penuh rasa tanggung jawab. Ulama pun menyokong mereka.
Dan fikirkanlah dengan dalam!
Betapa jauh perbedaan latar belakang wanita Aceh 358 tahun yang lalu itu dengan
perjuangan wanita zaman sekarang. Mereka itu didorong oleh semangat jihad dan
syahid karena ingin bersama menegakkan agama Allah dengan laki-laki, jauh
daripada arti yang dapat kita ambil dari gerakan Vrouwen Emancipatie atau
Feminisme zaman moderen sekarang ini.
III. WASIAT
ISKANDAR MUDA
KEPADA
ZURRIATNYA
. . . . . .
dan lagi raja-raja hendaklah me'amalkan 8 perkara. Pertama hendaklah selalu ingat
akan Allah dan meneguhi janji dengan sekalian Wazir-wazir dan meneteri
hulubalang dan sekalian pegawai dan dengan sekalian rakyat. Kedua janganlah
raja-raja menghinakan Alim Ulama dan yang ahli akal bijaksana. Ketiga, segala
yang datang pada pihak musuh daripada seterusnya jangan sekali-kali raja
percaya. Keempat, hendaklah raja memperbanyak alat senjata dan membeli kesangan
rakyat dan wazir dan sipahi (=tentara), supaya jauhlah musuh raja, sebab ada
yang menghalaukan dengan sayang. Kelima hendaklah raja menurun tangan, yakni
murah. Hendaklah mengingat kesediaan rakyat, wazir dan alim-ulama dan sekalian
sipahi dengan membalas jasanya masing-masing dengan tertib. Keenam hendaklah
raja menjalankan hukum dengan hukum Kitab Allah dan Sunnah Rasul. Yaitu seperti
yang telah tetap di dalam Qanun Al Asyi Darussalam. Pertama Al Qur' an, kedua
Al Hadits, ketiga Ijma', keempat Qiyas, maka ke luar daripada itupun empat
perkara. Pertama hukum, kedua adat, ketiga qanun, keempat resam. Ketujuh
janganlah raja-raja itu duduk dengan orang yang jahat budi dan jahil. Kedelapan
hendaklah raja-raja itu memeliharakan hati orang berbuat baik kepada raja dan
kepada negeri dan kepada rakyat. Maka hendaklah raja memandang kepadanya serta
memaniskan muka raja memandang mereka itu senantiasa hari, karena ia banyak
kebaktian kepada raja. Hendaklah raja itu memeriksa sekalian wazir-wazir dan
hulubalang dan segala orang yang jahat dan durhaka dan tiada ia mengikut qanun
kerajaan. Maka tiap-tiap yang salah itu hendaklah dihukum dengan tertib menurut
kesalahan dosa yang diperbuat, sesudah diperiksa dengan sehalus-halusnya,
supaya jangan zhalim hukum.
Dan demikian lagi raja-raja
hendaklah senantiasa ia memandang sekalian Ulama dan bermusyawarat dengan
Alim-Ulama dengan mendengar nasehat Ulama. Dan hendaklah raja-raja itu
menjauhkan diri dari bersahabat dengan Ulama jahat dan Ulama jahil dan Ulama
thamak. Yaitu Ulama-ulama yang suka memuji-muji raja dan maghzul[1] kan dia dan
mengharap minta minta keridhaan raja. Maka Ulama itu thamak, yakni thamak
kepada dunia. Maka Ulama itulah yang membikin huru-hara negeri dan yang memecah
belah rakyat, seperti dajjal .... !"
Kutipan
dari
"Qanun
Asyih Darussalam"
(Peraturan
Pemerintah Aceh)
di zaman
Iskandar Muda Mahkota Alam (1603 -1637).
IV. ISKANDAR
ISTANI
Setelah Mahkota Alam wafat dan
menantunya Iskandar Istani dengan gelaran resmi 'Alauddin Al Mogayath Syah naik
takhta, terasa benarlah bagaimana besarnya Pribadi Almarhum Iskandar Muda.
Undang-undang Kerajaan yang
dijalankan tidak lain daripada pusaka buah tangan beliau. Di mana-mana terasa
bekas tangan dan bekas usaha beliau, sehingga meskipun baginda telah wafat pada
tanggal yang pertama daripada abad ketujuh belas, namun bekas jasa dan usaha
baginda itu masih terasa sampai sekarang ini, baik di seluruh Aceh, ataupun ke
tanah Melayu. Seumpama dalam negeri Perak, yang pernah diperintah oleh Aceh,
sampai kepada masa ini masih ada pangkat "Hulubalang", yaitu apa yang
dinamai menurut adat-istiadat negeri Perak "Hulubalnng Delapan�. Di seluruh negeri-negeri yang berbabasa Melayu,
kecuali di Aceh, pangkat Hulubalang dipakai untuk gelar Komandan dalam
peperangan. Di Aceh ialah pangkat dari Orang Besar Sipil. Di Perak gelar itu
adalah menurut contoh di Aceh.
Iskandar Muda juga menentukan
pembahagian Meunasah dan Mukim. Masyarakat terkecil ialah masyarakat
"gampong". (kampung). Kumpulan dari beberapa kampung mendirikan
Meunasah, berasal daripada kata "Madrasah�, tempat
mempelajari agama. Apabila telah teguh berdiri beberapa gampong itu,
berkumpullah dia menjadi "Mukim". dan wajiblah di sana berdiri sebuah
Jum'at. Kepala masyarakat itu diberi gelar "Imeum�, dari kata "Imam". Timbulnya nama mukim
adalah dari ajaran Mazhab Syafi'i, yaitu apabila telah ada orang menetap (mukim
atau mustauthin) di dalam sebuah negeri sekurangnya 40 orang yang dewasa,
barulah sah berdiri sebuah Jum' at. Kumpulan daripada beberapa mukim itu
berbentuk menjadi sebuah negeri yang diperintah oleh seorang Hulubalang
(Uelueblang).
Iskandar Istani (Stani) terkenal
di dalam Sejarah Aceh sebagai seorang Sultan yang adil dan baik hati, pengasih
kepada Ulama-ulama dan suka akan pembangunan-pembangunan agama. Baginda mau
bertafakkur sejam dua jam mendengarkan Tuan Syekh Nuruddin Ar Raniri
menguraikan soal-soal agama berkenaan dengan negeri Malabari, tetapi lebih lama
usia beliau dihabiskan di Aceh. Tharikat Tasawuf yang dipegangnya ialah
Tharikat Qadiriyah, yang dibangun di zaman dahulu oleh Sayid Abdulkadir Al
Jailany. Beliau bertentangan faham dengan Syamsuddin As Samatrani dan Hamzah Fansuri
berkenaan dengan Tasawuf. Yang ditentangnya ialah faham "Wujudiyah"
(Existensialisme) yang diajarkan oleh Syamsuddin dan Hamzah. Sebab dalam
pelajaran mereka itu dikatakan bahwasanya ZAT segala yang maujud ini pada
hakikatnya tidaklah ada. Yang ada hanyalah ZAT ALLAH Ta'ala. Adapun Zat yang
selain daripada Zat Tuhan, hanyalah semata-mata seumpama Zhill atau
bayang-bayang saja daripada Tuhan! Atau seumpama ombak dengan lautan, atau
seumpama perpaduan di antara besi yang dibakar dengan apinya!
Bukan saja Syekh Nuruddin ahli
Tasawuf, bahkan beliaulah yang menyusun mula-mula sekali kitab Ilmu Fiqhi di
dalam bahasa Melayu. Itulah kitab Ash Shirathal Mustaqim. Dan daripada kitab
itulah kemudiannya Syekh Arsyad Mufti negeri Banjar di zaman Sultan Adam AI Wasitq
Billah dan Sultan Tamjid Billah, mengambil dasar daripada kitab itu untuk
mengarang pula kitab Fiqhinya yang bernama "Sabilal Muhtadin" dan
beratus-ratus lamanya kedua kitab Fiqhi itu menjadi pedoman Ulama Indonesia
dalam menyebarkan ajaran Fiqhi Islam menurut dasar Mazhab Syafi'i. Besarlah
jasa kedua kitab itu. Dari pengaruh kedua kitab itulah baru dilanjutkan usaha
oleh Angkatan Pengarang-pengarang Fiqhi yang kemudian di dalam bahasa Melayu.
Dan Syekh Nuruddin bukan saja
berminat kepada ilmu Tasawuf dan Fiqhi, bahkan memperhatikan pula segi-segi
sejarah. Beliau mengarang "Hikayat Raja-raja Pasai". Dalam hal
sejarah beliau pernah bekerjasama dengan Tun Sri Lanang, dia ini tertawan di
Aceh.
Kebesaran jiwa Iskandar Muda dan
jasanya mendidik anak raja-raja yang tertawan di Aceh menyebabkan rasa hormat
kita kepada baginda. Anak-anak Raja Perak, Pahang (Iskandar Istani sendiri),
Johor dan lain-lain disuruh belajar agama dan segala cabang ilmunya kepada tuan
Syekh Nuruddin, sebagaimana Iskandar Muda sendiri di waktu mudanya belajar
kepada Syekh Abdur Rauf di Kuala itu.
Dari segi pemerintahan tidaklah
menurun kepada beginda kebesaran mertuanya. Dia tidak bertindak meluaskan
daerah takluk. Baginda hanya sekedar memelihara pusaka yang ditinggalkan.
Setelah baginda naik nobat, beginda antarkanlah Raja Sulong, anak Raja Perak
yang tertawan di Aceh buat menjadi Raja kembali di negeri Perak, dengan memakai
gelar Sultan Muzaffar Syah II.
Siasat Marhum Iskandar Muda
Mahkota Alam mengangkat menantunya hadi penggantinya itu, padahal dia adalah
sebagai keturunan langsung dari Sultan Pahang, menyebabkan orang Pahang merasa
lega dalam hati. Sehingga dengan sendirinya orang Pahang datang ke Aceh untuk
menyatakan taat setia kepada Kerajaan Aceh. Tetapi hal ini menyakitkan hati
Sultan Johor, sehingga mereka melanjutkan persahabatn yang terbengkalai di kala
Aceh dapat menaklukkan Johor, demi setelah Iskandar Muda mangkat, mereka
sambung kembali, Iskandar Istani tidak mempunyai kekuatan lagi buat datang
kembali menyerang Johor sebab Belanda dengan izin Sultan Johor telah mendirikan
benteng-bentengnya di daerah itu.
Pemegang pemerintahan di Aceh di
zaman itu ternyata "dualistis". Sebab pada hakikatnya yang berkuasa
bukanlah Sultan , tetapi Panglima Polim. Sultan Iskandar Istani lebih terkenal
karena baik hatinya, karena taatnya mengerjakan agama dan kasih sayangnya
kepada Ulama, terkenal sebagai ahli perang atau ahli siasat. Diapun selalu
harus menunjukkan bahwa dia tidaklah "berkulit berisi", dia adalah
setia kepada wasiat mertuanya. Dia yang Sulthan, tetapi kurang berkuasa.
Abangnya Panglima Polim yang berkuasa, padahal tidak bergelar Sultan. Susunan
pemerintahan seperti jualah yang kemudiannya dari tahun ke tahun, turunan demi
turunan yang menyebabkan kelemahan kedudukan Sultan-sultan di Aceh!
Panglima Polim mempunyai daerah
merdeka sendiri, yaitu daerah XXII Mukim. Pada raja-raja yang datang di
kemudian hari nampak juga pengaruh kuasa Panglima Polim. Kalau seorang Sultan
dipandang oleh Panglima Polim (keturunannya) tiada layak atau tiada berkenan
siasatnya, dia akan datang dengan tentaranya ke Kutaraja buat menyuruh Sultan
turun dari singgasana dan mengangkat Sultan lain.
Di samping kekuasaan Panglima
Polim terdapat pula ambisi, keinginan turut berkuasa daripada permaisuri
sendiri, Ratu Permaisuri Shafiatuddin. Banyak sekali pertolongannya kepada
suaminya buat mempertahankan martabat beginda jika ada desakan politik dari
Panglima Polim. Dipergunakannya benar-benar kedudukannya yang tinggi sebagai
Puteri Gahara, yang lebih tinggi martabatnya daripada Panglima Polim sebagai
puteri selir, untuk membela kedudukan suaminya.
Oleh sebab itu maka pemerintahan
Iskandar Istani Ala'uddin Al Mogayath Syah selama lima tahun, terlebih banyak
hanyalah menjaga keteguhan di dalam, karena menyatukan tiga unsur penting dalam
membentuk kewibawaan kesultanan, yaitu Iskandar Istani sendiri sebagai Sultan,
Panglima Polim, sebagai "abang" menurut testamen politik Marhum
Mahkota Alam dan Ratu Permaisuri sendiri, sebagai seorang puteri Aceh sejati
yang bersemangat laki-laki.
"Merebut Malaka" dari
tangan Portugis adalah dipandang sebagai satu "claim nasional" oleh
Raja-raja Islam Aceh itu. Tetapi dalam tahun 1640 telah berlengkap dan
bersekutu di antara Kompeni Belanda dengan Sultan Johor buat merebut Malaka.
Sultan Johor pada masa itu ialah Sultan Abdul Jalil Ri'ayat Syah dan pemimpin
armada Belanda ialah Admiral Cornelis Matelief.
Akhir tahun 1641 berhasillah
pengepungan persekutuan Belanda dengan Johor buat merebut Malaka dan mengusir Portugis
dari bumi Melayu. Di dalam Hikayat Hang Tuah disebutkan, bagaimana gagah
perkasanya Bendahara Negeri Johor Datuk Paduka Raja dalam peperangan itu,
sehingga benteng Malaka dapat dimasuki beliau dengan hanya bercawat saja dan di
tangannya terhunus sebilah pedang.
Maka tidaklah dapat Aceh masuk
dalam persekutuan itu. Seketika Malaka telah dapat direbut dengan sorak sorai
kemenangan, oleh Persekutuan Belanda dan Johor, orang di Aceh tengah berkabung,
karena Sultan Iskandar Istani Ala'uddin Mogayath Syah telah mangkat. Bahkan
perkabungan itu disambut terus oleh kemelut yang lain, yaitu tentang siapa yang
berhak menjadi Raja menggantikan kedudukan baginda, karena baginda tidak
meninggalkan putera.
V BOLEHKAH
WANITA JADI SULTAN?
Satu perbincangan yang mendalam
pula, di samping membicarakan Ilmu Tasawuf, di zaman kejayaan Aceh itu ialah
tentang sah tidaknya orang perempuan menjadi Sultan.
Timbulnya pembicaraan para Ulama
tentang boleh atau tidaknya perempuan menjadi Raja, menjadi bukti penting pula
atas bagaimana telah tingginya perbincangan Hukum Fiqhi dan hukum kenegaraan di
Aceh, di samping memperkatakan Tasawuf.
Orang menghadapi satu kenyataan!
Setelah Iskandarmuda Mahkota Alam yang Agung itu mangkat, Aceh tidak lagi
mempunyai Insan sebagai dia yang begitu besar dan berwibawa. Penggantinya dan
menantunya Iskandar Istani tidaklah memerintah dengan sepuas hati. Sebab dalam
hati kecil masih terasa bahwa dia "Anak Dagang", atau "Bekas
orang Tawanan" yang naik takhta atas belas kasihan tuannya. Dia mesti
bertindak hati-hati memegang hati Abangnya Panglima Polim dan permaisurinya
Shafiyatuddin!
Bila setiap orang datang
menghadap menjunjung Duli Sultan datang menyembah dan mencium lutut beginda
sambil membahasakan baginda dengan "Daulat Tuanku", namun Panglima
Polim bila masuk ke dalam istana bebas dari tradisi itu. Dia boleh mengatakan
kepada Sultan "Gaga", artinya engkau sebagai bahasa abang kepada
adiknya, bahkan Sulthanlah yang membahasakan dirinya "Odun Tuan" atau
"Patik" kepada abangnya yang bukan raja itu.
Demikian pula istrinya sendiri,
Shafiyatuddin seorang wanita bangsawan yang penuh nafsu-nafsu kebesaran, karena
ingat bahwa dirinya adalah Puteri Gahara (Padmi).
Masih Iskandar Istani lagi hidup
sudah berkembanglah bisik desus bagaimana jadinya Aceh kalau Sultan Iskandar
Istani mangkat. Siapa yang akan naik takhta. Sejarah tidak menyebutkan bahwa
Iskandar Istani meninggalkan putera laki-laki dengan Shafiyatuddin. Atau boleh
juga disangka bahwa pertimbangan politik yang lebih mendalam. Oleh karena kian
lama hubungan dengan Johor dan Pahang kian renggang, sebab pengaruh Belanda
dalam daerah itu mulai masuk, menyebabkan orang besar-besar Aceh berfikir
tidaklah layak lagi putera dari Iskandar Istani dijadikan Raja di Aceh, sebab
pada hakikatnya putera itu bukan putera Aceh sejati. Maka kalau anak Iskandar
Istani menjadi Raja, berhaklah Pahang menuntut agar Pahang dan Aceh disatukan,
di bawah perintah Sulthan keturunan Pahang. Dan Belanda yang telah mulai
bercokol di Johor dapat berdiri di belakang layar!
Demi setelah Iskandar Istani
mangkat, sudah jelas betapa naik bintang Panglima Polim! Kalau tidaklah dia
seorang anak gundik keturunan Naubi (Sudan) terang dialah yang berhak jadi
Raja. Tetapi beliau tidak dapat naik takhta sebab wasiat yang jelas daripada
beginda ayahanda Iskandarmuda Mahkota Alam, bahwa engkau lebih baik menjadi,
orang yang mengangkat Raja, daripada naik takhta kerajaan.
Nama beliau dalam sejarah Aceh
dikenal sebagai "Imam Hitam�,(karena
warna kulitnya hitam sebagai ibunya), dan setelah wafat kemudian dikenal gelar
"pusthumusnya" -"Teungku di Batee Timoh."
Setelah mangkat Iskandar Istani
menjadi pembicaraanlah tentang siapa yang akan menjadi Raja. Kalau Panglima
Polim ingin mengambil kesempatan, tentulah dengan segera dia dapat jadi Sultan.
Tetapi dia hendak mencari jalan lain. Tak usah jadi Sultan, tetapi dapat
menguasai Sultan! Dengan sebab itu namanya terpelihara karena memegang teguh
wasiat paduka ayahandanya. Maka dicarinyalah jalan yang sangat sulit yang
jarang sekali terjadi di dalam Sejarah Islam! Yaitu mencalonkan adiknya
permaisuri Shafiyatuddin menjadi Sultan, menggantikan suaminya.
Dalam pada itu dirapatkannya pula
Ulama-ulama, dimintanya hal ini dibicarakan! Sahkah dalam Islam seorang
perempuan jadi Raja?
Ulama-ulama mengeluarkan
pertimbangan bahwa pada pokoknya tidaklah boleh perempuan dijadikan
"Sultan" sebab Sultan itu adalah memegang amar (perintah) sedang di
dalam Hadits Nabi telah bertemu sabda yang jelas.
"Rugilah suatu kaum apabila
yang menjadi pemegang kekuasaannya ialah perempuan."
Di Mesir di zaman Kerajaan
Mameluk akan menggantikan Kerajaan Bani Ayub, pernah seorang perempuan naik
takhta Kerajaan Mesir, yaitu Tuan Puteri "Syajaratud Duur" (Pohon
Permata). Dia hanya 80 hari saja dapat menduduki takhta kerajaan, karena sayang
dan bencinya kepada seseorang sangat mempengaruhi cara pemerintahannya,
sehingga turunnya dari takhta kerajaan adalah karena dibunuh.
Di Delhi, setelah negeri itu
jatuh dari tangan Kerajaan Ghori kepada Kerajaan mameluk, pernah pula seorang
perempuan diangkat menjadi Sultan. Yaitu Sultanah Rajiyah, saudara perempuan
daripada Sultan Rukmuddin. Sampai dia dapat duduk di atas singgahsana Kerajaan
4 tahun lamanya. Tetapi kejatuhannya dari takhta kerajaan setelah 4 tahun
mendudukinya adalah amat memalukan, sebab kedapatan "bermain muda"
dengan hamba sahayanya seorang Habsyi.
Dengan kejadian-kejadian seperti
itu memperkuat pendirian Ulama bahwa perempuan tidak boleh menjadi Sultan.
Tetapi Panglima Polim adalah
seorang ahli siasat yang jarang taranya. Belisu berkata bahwasanya yang
demikian tidak akan kejadian dalam Kerajaan Aceh. Sebab adat Aceh telah
menentukan bahwa di samping Sultan atau Sultanah sudah ada "Polim"nya
menurut adat, yang akan selalu mendampingi Sultan. Biarpun Sultan itu wanita,
dia tidak akan dapat berbuat sekehendak hatinya, sebab Aceh mempunyai Qanun
Mahkota Alam dan ada pula "Panglima" yang akan menjaga perjalanan
qanun itu. Panglima Polim pun mempelajari agama, khusus yang berkenaan dengan
pemerintahan! Dia berkata bahwa dalam Islam bukanlah perintah dari Pribadi
seseorang yang penting, melainkan seseorang yang penting yang bersumber
daripada Syari' at.
Padahal tiada lain orang yang
berhak naik takhta kerajaan melainkan adiknya Shafiyatuddin, puteri dari Iskandarmuda
Mahkota Alam, permaisuri dari
Iskandar Istani! Itulah "besi baik diringgiti", terkumpul dalam
dirinya dua kebesaran. Adapun yang diminta oleh Panglima Polim hanya satu,
yaitu wasiat paduka ayahanda Mahkota Alam diakui oleh orang besar-besar. Yaitu
bagi Kerajaan Aceh ada "Polim"nya. Dia berhak memelihara wasiat itu,
karena halangannya buat naik takhta hanyalah semata-mata karena dia anak
gundik. Maka untuk menghormati Almarhum dan menjunjung tinggi wasiat beliau,
orang besar-besar mesti memasukkan peraturan ini di dalam Qanun Kerajaan Aceh!
Sebab dalam pokok ajaran Agama Islam sendiri, tidaklah ada perbedaan di antara
anak Gundik atau anak Gahara.
Dalam pada itu dibujuknya pula
adiknya, Shafiyatuddin supaya sudi menerima menjadi Sultanah. Diucapkannya
janjinya bahwa dia akan membela adiknya itu di dalam menghadapi sekalian
kesukaran pemerintahan. Dia tahu senang saja! Segala kebesaran layak bagi
Raja-raja besar akan dipakaikan kepada adiknya itu. Serahkan saja kepada
beliau, abangnya yang akan menghadapi segala kemusykilan setiap hari. Dan bila
duduk di balai penghadapan, Panglima Polim akan duduk di atas singgahsana yang
lebih rendah dari singgasana beliau terletak di samping kirinya!
Pintar benar Panglima itu
mengatur siasat. Sebab di samping saranan bertubi-tubi, meminta fatwa Ulama,
membujuk pula akan adiknya, namun tentara dari Daerah XX Mukim senantiasa
bersiap menyerang Kutaraja jika siasatnya ini dibantah orang!
Akhirnya berhasillah maksud
Panglima Polim. Tidak ada lagi suara yang dapat membantah kenyataan, bahwa
Shafiyatuddinlah yang berhak menggantikan suaminya menjadi Raja, sebab dia
adalah puteri Raja dan permaisuri Raja! Naik takhtalah beginda dengan lantik
gelaran Sultanah Taju'l Alam Shafiyatuddin Syah, disertai gelaran Melayu Puteri
Sri Alam Permaisuri.
Lama juga Sri Baginda Ratu itu
memerintah, yaitu 34 tahun (1644 -1675 ).
Di akhir hayatnya, dia dan
kakandanya Panglima Polim sudah sama-sama tua. Dapatlah mereka berdua
mengendalikan kerajaan pusaka ayahnya itu dengan aman dan damai. Panglima Polim
I terlebih dahulu mangkat daripada adiknya. Dia digantikan oleh puteranya
Panglima Polim II, Satya Muda Sakti Lam Cot.
Masih untunglah bagi Panglima
Polim II untuk mempertahankan hak sebagai "Polim" yang tidak tertegah
mengucapkan "Gata" (engkau) kepada Raja, sebab setelah mangkat
Sulthanah Shafiyatuddin Syah, diangkat pulalah puterinya menjadi Sultanah
menggantikannya dengan gelar Sulthanah Nuru'l Alam Naqiyatuddin Syah.
Sri Ratu ini memerintah hanya 3 tahun (1675 -1678).
Setelah Ratu ini mangkat diangkat
pula anaknya perempuan jua, dengan gelar Sultanah ' Inayat Zakiyatuddin Syah,
dan gelar Melayunya Puteri Raja Setia. memerintah 10 tahun (1678-1688).
Setelah Sultanah ini mangkat,
masih juga menang suara Panglima Polim, masih saja Raja Perempuan yang
dinaikkan ke atas takhta kerajaan, yaitu adik dari Almarhumah Puteri Raja Setia
ini, yaitu Sultanah Kamalat Syah (1688 -1699).
Panglima Polim yang datang
kemudian niscaya tidak sekuat neneknya yang dahulu lagi. Dan raja-raja
perempuan yang datang di belakangpun tidak pula sebijaksana Shafiyatuddin
Sulthanah yang pertama lagi. Tidaklah diherankan jika perkembangan-perkembangan
selanjutnya telah menyebabkan timbulnya rasa tiada puas. Tiada puas menimbulkan
kacau dan kacau menimbul huru-hara, sehingga Sultanah Kamalat Syah terpaksa
diturunkan dari takhta (1699), Panglima Polim yang ketiga tidak dapat
mempertahankannya lagi!
VI. SALIK
BUTA & PENGAJIAN TUBUH
Maka ramai dan makmurlah negeri
Aceh. Bersemarak Agama Islam, terutama di zaman Iskandarmuda dan Iskandar
Istani itu. Tercapai cota Iskandarmuda agar Aceh menjadi "Serambi
Mekkah". Nama Aceh telah masyhur ke atas angin. Terkenallah bahwa
Raja-raja Aceh itu amat sayang kepada Ulama, amat gembira memajukan ilmu
pengetahuan Islam. Kemasyhuran Aceh sampai ke Hindustan, sampai ke Mekkah dan
Mesir dan sampai ke Turki. Sultan menyediakan belanja yang seakan-akan tidak
berbatas banyaknya untuk membelanjai perkembangan ilmu pengetahuan.
Iskanda rmuda sendiri boleh
dikatakan tidak berhenti berperang. Dalam perjalanan dibawanya Ulama seorang
dua, untuk menjadi muallim mengajari para pahlawan. Dan di Aceh sendiri
ramailah penuntut ilmu datang dari segala pelosok tanah Indonesia. Ada yang
datang dari Minangkabau, Tanah Melayu, Makassar, Banten dan Jawa Timur. Itu
pula sebabnya maka di zaman kedua orang Sultan Iskandar itu datang Syekh
Hamzah, Syekh Syamsuddin, Syekh Fadiullah Burhanpuri, Syekh Rijaal, semua dari
Hindustan. Dan datang pula dari Mekkah Tuan Syekh Abu' l Khair dan Syekh
Muhammad AI Yamin.
Dipelajarilah Ilmu Fiqhi menurut
Mazhab Syafi'i sedalam-dalamnya. Apatah lagi bahasa Arab dengan segala alat
kelengkapannya (keengkapannya): nahwu, saraf, manthiq maani. Malahan maju
pulalah mengarang dalam bahasa Arab dan bahasa Melayu, sehingga perkembangan
bahasa Melayu sekarang ini, yang telah menjadi bahasa Indonesia, haruslah
distudi dengan mendalam tentang peranan yang diambil oleh Ulama-ulama di Aceh.
Dalam pada
itu maju pula Ilmu Tasawuf!
Dalam pada itu macam puyang
murni, senantiasa tumbuh keinginan dan kerinduan mengenal (Ma'rifat) Allah,
Ilmul Kalam (Sifat 20) yang mengajarkan dan mengasah fikiran untuk
mempertahankan 'Aqidah telah dimulai oleh Abu'l Hasan Al Asy' ari dan Syekh
Abu'l Mansur Al Maturidiy dan telah disempurnakan oleh Al Ghazali. Apabila kita
telah mempelajari "Ilmul Kalam", ilmu "berbicara", kita
telah dapat mempertahankan pendirian bahwa Allah Ta'ala ADA! Tanda ADANYA Allah
Ta'ala adalanya Alam. Di"pinjam" manthiq Aristoteles. Disusun
Muqaddimah Shughra (Praemise I), ditambahkan dengan Muqaddimah Kubra (Praemise
II), lalu dibuat Natijah (konklusi). "Aku melihat Alam berubah-ubah
(Mukaddimah I). Tiap-tiap yang berubah-ubah, adalah baru (Mukaddimah II).
Dihapuskan kata berulang (berubah), dipertemukan pangkal mukaddimah pertama (Alam)
dengan ujung mukaddimah kedua (baru), jadilah konklusinya. ALAM ITU BARU!
Dibicarakan perkara Wujud. Mana
wujud yang pasti dan mana wujud yang mungkin. Kemudian timbullah hasil
penyelidikan bahwasanya yang pasti ada hanyalah yang tidak diikat oleh ruang
dan tidak ditentukan oleh waktu. Itulah Wujud yang Mutlaq, dan itulah Allah!
Kian lama kian terasalah
bahwasanya Allah menurut Ilmul Kalam tidaklah memuaskan dahaga jiwa. Hanya otak
yang cerdas mengakui adanya Allah, tetapi jiwa merasa kosong. Aku tidak mau
hanya sekedar berpengetahuan bahwa Allah Ta'ala Ada, dengan otakku. Aku merasai
adanya Allah dengan jiwaku! Meskipun ada Ilmul Kalam atau tidak ada samasekali!
Hati nuraniku merasa rindu-dendam
kepadaNya, bahkan merasai 'asyiq" dan cinta! Kalau boleh aku ingin Fana
(lebur) ke dalam-Nya, supaya aku Baqaa (kekal) selama-lamanya.
Inilah rasa
atau zauq yang menjadi pokok pangkal Tasawuf.
Nabi Muhammad menunjukkan
pelbagai rupa ajaran bagaimana cara mendekati Tuhan, namun demikian masih ada
Insan yang belum puas. Dia hendak mencari lagi, supaya lebih terobat
rendu-dendam ini.
Maka berbagai rupalah usaha dan
ikhtiar buat "ma'rifat" kepada Allah. Rabi'atul 'Adawiyah, guru
Tasawuf wanita itu mengajarkan cinta . Abi Yazid Bustami mengajarkan 'Isyiq. Al
Hallaj mengajarkan "berpaduan" di antara AKU dan Dia! Al Ghazali
menyuruh berhati-hati, jangan sampai terperosok ke jalan lain, di dalam mencari
hubungan dengan Dia.
Alangkah banyaknya guru-guru yang
telah menghadapkan jurusan fikiran ke lapangan Tasawuf ini. Terutama di dalam
abad-abad ketujuh Hijriyah yakni di abad jatuhnya Baghdad! (656 Hijriyah), dan
seterusnya.
Rupanya
pembicaraan Tasawuf ini sampai juga ke Aceh.
Datanglah beberapa orang Ulama
ahli Tasawuf dari Mekkah sendiri, di antaranya Syekh Abu'l Khair dan Syekh
Muhammad Al Yamin, keduanya mengajarkan:
"Siapa yang mengenal akan
dirinya, niscaya kenallah dia akan Tuhannya."
Oleh sebab itu mencari Tuhan
ialah dari pintu diri. Diri ini adalah hijab (dinding) yang membatas engkau
dengan Tuhanmu!
Dan berkata pula Syekh Muhammad
Fadlullah Al Burhanpuri: "Sesungguhnya segala yang ujud (ada) ini,
dipandang dari segi adanya. Dialah 'sin Al Haaq Allah Ta'ala, dan daripada segi
'sin, adalah lainnya. "
Bersama dengan itu datang pulalah
dua orang Ulama dari Hindustan yang lain, yaitu Hamzah dan Saifur Rijaal. Diadu
pengajian dalam rahasia di antara Syekh dari Mekkah dengan Syekh dari
Hindustan, rupanya dapatlah persesuaian. Hamzah rupanya lebih alim lagi
pendeta. Cintanya kepada Allah adalah laksana cintanya Al Hallaj:
"Kita alam ini hanyalah
bayang-bayang belaka daripada Tuhan. Betapakah dapat diceraikan di antara
bayang-bayang dengan yang empunya bayang?"
Datang pula muridnya Syamsuddin
Sumatrani, diapun berkata. bahwasanya "kembalikan" sesuatu kepada
pangkalnya, pulangkan insan pada asalnya, barulah bertemu hakikat Tasawuf. Nama
yang berbilang, adapun hakikat hanya satu. Allah, Adam dan Muhammad, semuanya adalah
satu belaka pada hakikatnya. Apabila diadakan zikir yang sejati zikir, - kata
Syamsuddin - maka nafikanlah diri, jangan lagi diingat akan adanya diri. Yang
ada hanyalah Yang Sebenarnya Ada! Ada Aku dalam AdaNya.
"Tidak
ada Aku kecuali Dia. "
Lanjutkan
lagi.
"Tidak
ada Dia kecuali Aku. "
Akhirnya
engkau akan sampai kepada.
"Saya
Dia "
Di kala Iskandar muda Mahkota
Alam masih lagi hayat, meskipun baginda tahu akan pengajian itu, biarkan ada
pengajian begitu! Tidak mengapa! Karena suatu faham akan dibantah oleh faham
yang lain!
Tetapi setelah Raja Perkasa itu
mangkat, pengajian Hamzah dan Syamsuddin telah tersebar kepada orang awam.
Orang awam telah memperkatakan Tharikat, syari'at, ma'rifat dan hakikat. Mereka
mengerjakan Suluk, sebab itu bernamalah mereka Salik! Mata pandangan mereka
tertuju hanya kepada satu belaka, yaitu Allah! Dan Allah dalam diri! Buta
mereka dari yang lain, nyalang mata mereka kepada Yang Esa! Maka disebutlah
mereka oleh orang Aceh SALIK BUTA! Pengajian mereka bernama "WUJUDIYAH"
(Existensialisme).
Tak perlu ke sawah ke ladang
lagi, karena hati sudah ma'rifat! Tidak perlu sembahyang lagi, karena Syari' at
hanya bagi orang mubtadi (cara mula-mula menempuh jalan). Mereka mengerjakan
zikir sampai jauh malam. "Allah, Allah, Allah," akhirnya
kacau-balaulah di antara laki-Iaki dengan perempuan! Mereka merasa diri Tuhan!
Waktu itulah muncul seorang Ulama
Besar, yang kemudiannya akan berjasa besar menyiarkan Mazhab Syafi'i dan
membanteras Tasawuf yang salah.
Beliau pun sebagai Hamzah dan
Syamsuddin, sama-sama berasal dari Hindustan. Beliaupun penganut Tharikat
Qadariyah, yang disebut berasal dari ajaran Said Abdulkadir Al Jailany, tetapi
beliau menolak faham Wujudiyah!
Beliau banteras faham itu dan
beliau tegakkan faham Salaf, faham yang diterima daripada Nabi dan
sahabat-sahabatnya, yang disebut juga Faham Ahlis Sunnah wal Jama' ah.
(Penyelidik Barat menamai Faham itu Orthodox, yaitu arti asal dari kalimat
Salaf. Sehingga orang-orang Indonesia yang "mencoba-coba" membicarakan
hal ini sebelum mengetahui pokok fikiran Islamy, kerapkali mengartikan bahwa
faham beliau ini Kolot dan Faham Hamzah itulah "modernisasi ").
Beliau itulah Syekh Nuruddin bin
Muhammad Jailany bin Hasanji bin Muhammad Hamid Ar Raniri.
Beliau banteras faham itu dalam
tabligh-tablighnya, dalam karangan-karangannya, dalam fatwanya, sehingga
gegerlah masyarakat Aceh karenanya.
Di zaman pemerintahan Iskandar
Istani pertengkaran ini sampai ke puncaknya, sampai Kerajaan Aceh mencampuri
soal itu dan memanggil Syekh Nuruddin meminta fatwanya yang tegas. Kalau
ternyata Faham Hamzah itu bertentangan dengan pokok syari'at, maka Kerajaan
akan mengambil sikap tegas! Dan Syekh Nuruddin berani bertanggung jawab,
bersoal jawab di mana saja!
Kata setengah riwayat yang
diterima dari mulut ke mulut di Aceh, bahwasanya kedua Syekh dari Mekkah, Abu'l
Khair dan Muhammad Al Yamin telah pulang ke negerinya. Syekh Hamzah orang
Fansur itu sedang menebarkan Tharikatnya ke Pariaman, Minangkabau, sedang Syekh
Syamsuddin, murid Hamzah telah lama wafat! Yang dapat dihadirkan hanya beberapa
guru yang menjalankan Tharikat Wujudiyah itu di Aceh dan berpuluh-puluh
pengikut yang lain.
Diadakanlah pertemuan besar di
istana, di hadapan Sultan Iskandar Istani sendiri. Diadakan bahas hujjah. Syekh
Nuruddin menetapkan kafirnya faham demikian! Karena alam terjadi bukanlah
sebagai bayang-bayang dari Allah, tetapi tercipta atas kehendak Allah dengan
kalimatNya "KUN". Zat Allah adalah Qadim dan Zat Alam adalah Hadits,
terjadi Alam atas kehendakNya!
Itu yang diterima dari Nabi saw.
Adapun kepercayaan lain itu adalah pengaruh faham ZINDIQ yang masuk dari luar
ke dalam Islam, setelah banyak tukang bid'ah mencampur aduk Islam dengan ajaran
agama lain.
Niscaya tidaklah ada yang berani
berdebat bertantangan dengan Ulama yang kuat hujahnya itu. Suaranya keras
melengking dan keningnya sempit lekas marah! Sebagaimana bawaan Ulama-ulama
dari India, walaupun sudah lama makan sirih dan pinang cara Aceh! Apatah lagi
ilmu itu selama ini dirahasiakan, tidak dibuka kepada Ulama! Sekarang beliau
buka, beliau kupas, dan akhirnya dengan tegas dia memohon kepada Sultan agar
kerajaan menentukan sikap tegas, supaya negeri jangan binasa. Supaya ladang dan
sawah jangan ditinggalkan orang dan mesjid-mesjid jadi lengang karena orang
merasa tidak perlu sembahyang lagi supaya yang sudah "wushul"
(sampai) kepada Allah!
Beliau usulkan supaya orang
belajar Tauhid terlebih dahulu sampai matang, barulah dibolehkan belajar
Tharikat atau masuk Suluk. Beliau usulkan supaya para Ulama yang memegang teguh
syari'at diberi kesempatan terus mengarang buku-buku yang berguna bagi menuntun
kepada jalan yang benar!
Tidak ada di kalangan pengikut
Wujudiyah yang dapat menegakkan alasan, karena memang ilmu Tasawuf pada
hakikatnya bukanlah ilmu, melainkan rasa (zauq), sehingga Al Ghazali sendiri
memesan berkali-kali supaya apa yang dirasai di dalam kasyaf jangan diajarkan
kepada orang "awam", tetapi simpanlah sendiri!
Maka musyawaratlah Sultan dengan
abangnya Panglima Polim, dan Permaisurinya Sri Ratu Shafiyatuddin dan beberapa
Ulama yang lain, mengambil sikap tegas. Akhirnya keluarlah keputusan Kerajaan
menyatakan larangan kepada faham Wujudiyah atau "Salik Buta! Diperintahkan
membakar kitab-kitab karangan Hamzah dan Syamsuddin, disuruh bongkar
tempat-tempat kaum itu mengerjakan Suluk.
Pengikutnya
disuruh taubat. Mana yang tidak mau taubat, dibunuh.
Maka ada
yang taubat dan ada yang dibunuh.
Kata setengah riwayat, Hamzah
mati dibunuh sebagaimana membunuh Al Hallaj di Baghdad dahulu. Dan kata
setengahnya lagi, menurut riwayat yang saya terima dari Tuan Haji Harun Ath
Thubuhi Al Faryamani di Padang Panjang, Hamzah ketika itu sedang berada di
Pariaman. Mendengar keputusan Pemerintah Aceh itu dia tidak berani pulang lagi
ke Aceh! Dia meneruskan mengajarkan Tharikat itu sampai ke Calau Sijunjung, dan
di sanalah dia meninggal. Kata Tuan Haji Harun tersebut, maqamnya ada di Calau
dan Tharikatnya sampai sekarang masih ada dianut orang di sana dimasyhurkan
orang Tuanku Calau.
Maka ajaran Hamzah Fansuri itu
dikenal di beberapa negeri dengan nama "Pengajian Tubuh", disebut
juga Marlabat karena menurut Wujud itu melalui proses tujuh tingkat, ahadiyah,
wahdah, wahidiyah, alam arwah, alam misal, alam ajsam, dan alam insan.
Dan tersebar pula ajaran ini ke
daerah Jawa, namanya disebut dalam Primbon Jawa "Kiyahi Hamzah" dan
ajarannya disebut "Kawula Gusti".
Tersebar
pula ajaran ini ke Makassar, dinamai "Tharikat Haji Paloppo".
Adapun Syekh Nuruddin Ar Raniri,
karena sikapnya yang gagah perkasa mempertahankan sunnah, atau Mazhab Salaf,
yang disebut dalam istilah Orientalis Barat ORTHODOX, karena ketegasan dan
kekerasan sikapnya itu, di zaman Sultanah Taju'l Alam Shafiyatuddin,
diangkatlah beliau menjadi Mufti Kerajaan Aceh. Waktu itulah dikarangnya buku
At Tibyan fi ma'rifatd aa'yan. (Penjelasan, untuk mengetahui agama-agama),
khusus membantah Faham Wujudiyah, diceriterakannya dalam buku itu
pertentangannya dengan Kaum Wujudiyah!
Di waktu itu pula dikarangnya
kitab "Ash Shirathal Mustaqim" tentang hal Ilmu Fiqhi. Dan dari buku
inilah Syekh Arsyad Mufti Banjar mengambil dasar mengarang kitabnya
"Sabilal Muhtadin" yang terkenal itu.
Dalam kitab Ash Shirathal
Mustaqim itu, Syekh Nuruddin menjelaskan fahamnya bahwa seorang Muslim tidak
sah sembanyang menjadi ma'mum di belakang orang yang berfaham Wujudiyah!
Atas perintah Sultanah Taju'l
Alam kitab-kitab karangan Syekh Nuruddin disalin banyak-banyak dan dikirim ke
seluruh rantau jajahan takluk negeri Aceh, akan adanya.
Wallahu a'lam bish shawabi, wailahil
marji'u wal maabu!
"Berusaha
Ikut Mencerdaskan Anak Bangsa Lewat Handphone"
No comments:
Post a Comment