Sunday, September 16, 2012

negeri aceh


Dari Perbendaharaan Lama
Prof. Dr. HAMKA

BAGIAN KEENAM

I. MAHOR CAP SEMBILAN

               Apabila Sri Iskandar Muda Mahkota Alam, Sultan Negeri Aceh Darussalam naik takhta kerajaan (1607 - 1636) sangatlah diusahakan baginda hendak membuat negeri Aceh menjadi besar dan berdaulat. Dia telah melihat bahaya yang akan menimpa dari segala pihak. Musuh besar telah menjejakkan kakinya pada dua buah Kerajaan Islam yang dahulunya berdaulat. Portugis telah satu abad menduduki Malaka, dan Belanda telah menancapkan kakinya di Jakarta. Sultan Agung Mataram herkelahi tidak henti-hentinya dengan Kompeni.

               Kedaulatan Aceh mesti berdiri, merdeka ke luar dan ke dalam. Negara mesti kuat. Kekuatan negara adalah pada dua perkara, pertama kuat rohaninya, teguh agamanya dan luas ilmu pengetahuannya. Kedua hendaklah kuat kehidupannya, makmur rakyatnya dan subur tanahnya. Keduanya itu mesti sekali jalan. Agama tidak hidup pada negeri yang tidak makmur. Dan kemakmuran payah dicapai kalau jiwa tidak bersih. Oleh sebab itu maka baginda Iskandar Muda Mahkota Alam berusaha keras memajukan kedua pokok kehidupan itu.

               Urusan kenegaraan, ke luar dan ke dalam dipegang oleh beliau sendiri. Didatangkan beberapa orang ahli pertanian untuk mengajar rakyat bertani.

               Dalam hal ini serupalah baginda dengan Maulana Yusuf di Bantam. Apabila telah subur tanah dan bagus hasil bumi, rakyatpun gembira. Bilamana mereka telah gembira, patuhlah mereka menurut aturan. Dan aturan dijalankan ialah aturan agama. Masyarakat pun masyarakat agama. Mengerjakan sawah ladang dengan bergotong-royong, tolong bertolong. Supaya masyarakat itu subur senantiasa, maka masyarakat setiap perkampungan dipusatkan kepada sebuah Madrasah disebut dalam bahasa Aceh. Meunasah. Apabila telah pulang dari sawah di waktu senja hari, kedengaranlah muazzin menyerukan azan, memanggil ummat berkumpul mengerjakan sembahyang Maghrib. Sehabis sembahyang dipelajarilah agama, menurut Mazhab Ahli Sunnah wal Jama'ah. Pimpinan kampung itu dinamai Imam. Imeum menurut lidah orang Aceh. Apabila kampung-kampung dengan meunasahnya telah berkembang dan banyak, berdirilah sebuah mesjid besar. Satu kemesjidan dinamai Muqim. Sebab menurut faham Mazhab Syafi'i, orang-orang yang telah muqim, atau mustauthin, 40 orang sekurang-kurangnya, telah boleh mendirikan Jumat.

               Kumpulan dari beberapa muqim, dikepalai oleh seorang Ne'eblang. (Ulubalang). Ulubalang bertanggung jawab menjaga keamanan rakyat, ke luar dan ke dalam. Menjaga ketertiban dan keamanan, dan bertanggung jawab langsung kepada Baginda Iskandar Muda Mahkota Alam.

               Baginda sangat kasih kepada Ulama, baik Ulama Fiqhi atau Ulama Tasawuf. Karena dengan Fiqhi, rakyat belajar syari'at dan beramal tidak melanggar ketentuan syara'. Dan dengan Tasawuf, rakyat memperhalus perasaannya dan jalan Tharikat mendekati Ilahi supaya fana dirinya, bersatu dengan Ilahi, agar tercapailah baqa yang sejati.

               Maka banyaklah Ulama-Hukama datang ke Aceh dari luar negeri. Ada yang datang dari India, ada yang datang dari Iran (Persia), dan sudah tentu banyak juga yang datang dari tanah Arab. Ulama-ulama besar itupun bertukar fikiranlah memperkatakan inti sari agama, secara berdalam-dalam. Kadang-kadang panaslah pertengkaran itu, sehingga kerajaan terpaksa campur tangan. Pertengkaran yang panas adalah tentang faham "Wihhatu'l Wujud", faham Pantheisme menurut ajaran Tasawuf Ibnu Arabi dan Al Hallaj, yang dipelopori oleh Hamzah Fansuri, dan muridnya Syamsuddin Sumatrani. Faham mereka ini ditentang oleh Nuruddin orang kampung Ranir yang berasal dari Hindustan, tetapi telah bercampur darah Aceh! Di samping mereka terdapat juga Ulama lain, bernama Ibrahim Asy Syami berasal dari negeri Syam.

               Adapun Ulama yang lebih berpengaruh dan amat disegani, ialah Abdurrauf. Murid ramai belajar ke madrasahnya di Kuala. Ada yang datang dari Minangkabau, ada yang datang dari Malaka, Perak dan Kedah, dan ada juga yang datang dari Bantam. Sehingga tinggallah dalam pepatah-petitih orang Aceh, datang sekarang kini.

"Adat bak po teumereuhom, hukom bak syiah kualo"

(Adat istiadat negeri pulang kepada Marhum Mahkota Alam, aturan syarak pulang kepada yang bermaqam di Kuala).

               Sri Iskandar Muda Mahkota Alam, adalah seorang Sultan yang shaleh, tetapi kalau perlu bersikap kejam. Puteranya sendiri yang diharap akan menjadi Putera Mahkota dibunuhnya, sebab diketahuinya bahwa putera ini sombong dan angkuh kepada rakyat, padahal Baginda tidak mempunyai anak laki-laki, selain dari itu yang berhak menggantikannya kalau Baginda mangkat. Beliau tangkas berperang meluaskan daerah, dan lincah juga mengikat tali persahabatan dengan raja-raja yang lain. Utusan dan Duta-duta Besar Istimewa, Baginda kirim ke negeri "atas angin, membawa bingkisan tanda bersahabat. Baginda menyebutkan dirinya "Maharaja di Raja" (Kaisar) pulau Sumatera. Sultan Turki menerima utusan Baginda dengan baik dan sangat hormat, dan merasa diri lebih kecil dari Maharaja di Raja pulau Sumatera itu, sebab negeri Turki ketika itu sedang kacau, turun Sultan naik Sultan , yang turun dibunuh dan yang naik dipengaruhi oleh Wazir Besar (Shadral Azam). Tetapi King James Il, Raja Inggris merasa kagum dengan kebesaran Raja Sumatera itu.

               Berhaklah Baginda kalau beginda hendak menyebut dirinya Kaisar Sumatera, sebab pantai Barat pulau Sumatera melingkungi Tapak Tuan, Sibolga, Barus, Natal, Air Bangis, Pariaman dan Padang, sampai ke Bandar Sepuluh, dan sampai ke pada negeri Indrapura, yang bersultan sendiri, adalah di bawah perlindungan Aceh. Lawannya di Pantai Barat itu adalah Portugis, memperebutkan perniagaan lada. Di sana dia berbatas dengan Bengkulu yang di bawah kuasa Bantam.

               Ke sebelah Timur di bawah pemerintahannya. Aru, Langkat, Deli dan Serdang, sampai ke Labuhan Batu, Bilah dan Panai dan sampai berbatas dengan Siak: Bahkan Siak pun pernah didudukinya. Ke Malaya pernahlah ditaklukkannya Kedah dan Perak, bahkan sampai dia menghukum Johor.

               Pada negeri-negeri yang telah ditaklukkannya itu kadang-kadang ditetapkannya Raja di sana menurut silsilah keturunannya, dan kadang-kadang dikirimnya orang besar dari Aceh sendiri dan dirajakannya di tempat itu. Seorang di antara raja yang dikirim itu ialah nenek moyang Sultan Deli. Semua mereka diberi "Surat Pengangkatan" yang dicap dengan cap baginda sendiri. Bernama "Mahor Cap Sembilan".

               Maka "Mahor Cap Sembilan" ini masihlah terdapat pada beberapa buah istana di negeri Melayu, dan kalau rajanya telah habis, karena negeri itu tidak perlu beraja lagi, maka anak cucunya bolehlah menyimpan cap itu sebagai kenang-kenangan.

               "Barang yang sangat mahal karena nilai sejarahnya, kalau dijual di pasar loak, seringgit pun berat orang menawar . . . . "

II. DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DI ACEH
(Di Abad Ketujuh Belas)

               Pada zaman Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam (1603 - 1737) negeri Aceh dengan pimpinan baginda mencapai kemajuan yang jarang tandingnya di negeri-negeri Islam yang lain, terutama dalam susunan pemerintahan, sehingga Sultan tidaklah memerintah dengan maunya sendiri. Dan cita susunan pemerintahan itu timbul dari baginda sendiri.

               Sultan sebagai penguasa tertinggi diapit di kiri kanannya oleh beberapa kekuasaan tertinggi. Ada Wazir Sulthan, ada Perdana Menteri dengan para menterinya, ada Kadi Malikul Adil dengan 4 Mufti di bawahnya menggali hukum agama, ada Balai Laksamana yang mengepalai Tentara Laut dan Darat, ada menteri Dirham (Keuangan) yang bertanggung jawab langsung kepada Sultan; ada pula Baitul Maal (perbendaharaan Negara) dan di bawahnya ada pula suatu jawatan bernama "Balai Furdhan" yang memungut cukai dan biaya pelabuhan. Semuanya itu Pelaksana (executif).

               Di samping itu terdapatlah tiga tingkat "Balai Musyawarat" (Legislatif).

1.    Balairung dilengkapi dengan 4 Hulubalang terbesar di Aceh Raya.

2.    Balai Gading, dilengkapi dengan 22 orang Ulama besar.

3.    Balai Majelis Mahkamah Rakyat. Dilengkapi dengan 73 anggota yang datang dari 73 mukim.

               Yaitu tiap satu mukim satu orang wakil rakyat. (Dan dituliskan nama-nama ke 73 wakil rakyat "yang terhormat" itu).

               1. Sahi1. 2. Bujang rum'at. 3. Ahmad Bungsu. 4. Abdulyatim. 5. Abdurrasyid. 6. Faimir Said. 7. Iskandar. 8. Ahmad Dewan. 9. Mayor Thalib, orang Turki. 10. Si Nyak Bunga. 12. Si Halifah. 13. Ahdal.14. Abd. Ghani. 15. Abd. Majid. 16. Si Sanah. 17. Khoja Hamid, orang Turki. 18.'Isa. 19.Hidayat. 20.Si Nyak Bunga. 21.Munabinah. 22.Siti Cahaya. 23.Mahkiyah. 24.Si Bukih. 25.Si Saman. 26. Ahmad Jamil. 27. Bin Muhammad. 28. Si Nyak Ukat. 29. Khoja Nasir, orang Turki. 30. Si Manyak Puan. 31. Abdulwahid. 32. Mahk Saleh Samir. 33. Khathib Mu'azhzham. 34. Imam Mu'ahham. 35. Abdurrahman. 36. Badai. 37. Bujang Aransah. 38. Nadisah. 39. Mayor Muhammad, orang Turki. 40. Ahmad Syah (? kurang terang). 41. Penghulu Mualhm. 42. Sri Dewa. 43. Si Syahid. 44.Si Banyak. 45. ( ? ). 46. Si Nyak Reihi. 47. Ahmad Ratib. 48. Si Minhan. 49.Si Jibah. 50. Mustafa. 51. Si Syidin. 52. Si Rajuna. 53.Si Aman Khan. 54. -55. (? tidak jelas). 56. Khoja Rahasia, orang Turki. 57. Badai ' Atuq. 58. Uli Puan. 59. Siti Awan. 60. Si Nyak Angka. 61. Si Aman. 62.Si Nyak Tamph. 63. Abdul Muqim. 64. Si Mawar. 65. Si Manis. 66. Abdul Majid. 67. Ibrahim. 68. Abdullah. 69. Umar. 70. Abdur Rahim. 71. Muhyiddin. 72. Harun, dan yang ke 73.Abdulmuthalib.

               "Syahdan "- kata lanjutan buku itu - Sebermula pertama Si Nyak Tampli, kedua Ibrahim Purba, ketiga Abdullah, tiga orang ini kebahagian Paduka Tuan. Yang kedua, pertama Umar, kedua Abdurrahim, ketiga Muhyiddin ketiga orang ini bahagian Pa(duka) Sri Rama. Yang ketiga, pertama Harun, kedua 'Abdulmuthalib, ketiga Muhyiddin, tiga orang ini bahagian Maharaja Lela. Maka yang 9 orang ini masuk dalam bahagian Wazir. Dan 64 orang itulah anggota Majelis yang duduk dalam Balai Majelis Mahkamah Rakyat yang menjunjung tinggi Qanun Mahkota Alam.

Tugas Balai Majelis Mahkamah Rakyat

               Di halaman lain dengan ringkas disebutkan tugas Majelis tersebut:

               "Dan, Majelis Mahkamah Rakyat ia berhak mengurus hal negeri dan mengurus rakyat sempurna, supaya rakyat dapat senang hidup, dart dapat banyak hasil, makmur, dan aman dan menjaga huru-hara negeri, dan ditimbang sekalian pekerjaan urusan rakyat besar dan kecil. Timur dan Barat, tunong dan baruh dan mengerjakan perbuatan kebenaran dan keadilan supaya aman negeri dan taat rakyat. "

               Yang menarik perhatian kita dengan keterangan ini, ialah bahwa pada tahun 1059 Hijriyah, artinya 324 tahun yang telah lalu (sekarang tahun 1383) Kerajaan Aceh Darussalam, di bawah pimpinan Ratunya Shafiatuddin Taju'l Alam Permaisuri, telah mengambil kebijaksanaan memasukkan kaum wanita ke dalam Perwakilan Rakyat, mewakili mukim-mukimnya masing-masing. Padahal dalam zaman pemerintahan baginda itu terkenallah Aceh Darussalam yang disebut "Serambi Mekkah" itu karena banyak Ulamanya. Bahkan dalam pemerintahan kaum Ulama pun mendapat kedudukan yang resmi dan seorang Perdana Menterinya pun haruslah di samping ahli dalam hal adat-istiadat dan qanun (undang-undang) dan resam (protokol) wajiblah dia seorang yang Alim Faqih. Dengan demikian nyatalah bahwa Alim Ulama di Aceh pada masa itu sudah sampai kepada ijtihad bahwa wanita boleh menjadi raja dan wanitapun boleh menjadi anggota dari Balai Mahkamah Rakyat.

Nama-nama anggota wanita disalinkan kembali di sini.

               10. Si Nyak Bunga.12. Si Haltfah.16. Si Sanah. 21. Munabinah. 22. Siti Cahaya. 23. Mahkiyah. 24. Si Bukih. 28. Si Nyak Ukat. 30. Si Nyak Puan. 38. Nadisah. 49. Si Jibah. 58. Illi Puan. 59. Siti Awan. 60. Si Nyak Angka. 62. Si Nyak Tampli. 64. Si Mawar. 65. Si Manis. Yang meragukan karena pemberi keterangan kepada kami, hanyalah seorang yaitu anggota no. 62. Nyak Tampli, apabikah dia wanita atau laki-laki. Rupanya 9 orang terpilih dari yang 73 orang itu duduk dalam Dewan Harian Pemerintahan, sebagai Badan Pelaksana Harian (BPH) istilah kita sekarang.

Balai Majelis Mahkamah Rakyat ini telah baginda titahkan pada 12 Rabi' ul Awal 1042 (341 tahun sampai sekarang).

Dalam perintah mendirikan itu Baginda berkata:

"Supaya senang rakyat semuanya dan membahagiakan Aceh Darussalam. "

               Setelah Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam mangkat, naik takhtalah menantu Iskandar Istani, dan setelah baginda inipun mangkat, naik takhtalah permaisuri dari Iskandar Istani, puteri dari Mahkota Alam, Raja Perempuan Pertama dalam Sejarah Islam di negeri-negeri Melayu ini, yaitu.

'Sultanah Shafiyatuddin Taju'l 'Alam, yang disebutkan juga "Maharaja Permaisuri.

               Atas titah baginda pula, maka tahun Hijrah 1059 (seribu limapuluh sembilan), Anggota Balai Majelis Mahkamah Rakyat itu diperbaharu dan dilengkapi dengan anggota-anggota wanita 15 orang banyaknya. Tersebut dalam catatan "qanun al asyi Darussalam, yang disalin turun temurun oleh anak cucu dengan tangan karena percetakan belum ada. Salinan terakhir yang sampai ke tangan kita ialah surat salinan yang di tangan Tengku di Abai, Ibnu Ahmad daripada Habib Abubakar bin Usman bin Hasan bin Wundi Molek Syarif Abdullah bin Sultan Jamalu'l Alam Badrul Munir Jamalullail Ba' alawi, salah seorang Sultan keturunan Arab sehabis masa raja-raja perempuan. Salinan terakhir itu ialah pada tahun 1310 Hijriyah (73 tahun yang lalu), semasa berkecamuknya perang Aceh. Akhirnya catatan itu jatuhlah ke tangan seorang pemuda Aceh, Sdr. Muhammad Husin Hitam. Dari salinannya inilah kita dapat membaca daftar nama-nama anggota Balai Majelis Mahkamah Rakyat Aceh 358 tahun yang lalu itu, yang di dalamnya terdapat nama 15 orang perempuan itu.

Demikian kita salin.

               Amat mendalam kesan yang kita dapat demi menyalin kembali sejarah suatu yang penting dari Negara kita ini, yaitu daerah Aceh. Apatah lagi apabila kita bandingkan dengan insiden hebat yang terjadi di antara Kaum Ulama (Mulla) di Iran pada bulan Juni 1963 karena maksud pemerintahnya hendak memberikan hak memilih dan dipilih bagi Kaum Wanita. Pertumpahan darah tidak dapat dielakkan dan penangkapan besar-besaran terhadap Ulama telah berlaku, ini di dalam pertengahan abad keduapuluh, sedang di bahagian tanah air kita, Ujung Utara pulau Sumatera, keadaan ini sudah dapat diselesaikan pada pertengahan abad ketujuh belas. Sedang di dalam "Qanun Asyi Darussalam" itu dengan tegas dinyatakan bahwa sumber, hukum, adat, qanun dan resam, tidak lain ialah Qur' an, Hadits, Ijma' dan Qiyas, menurut Mazhab AhlusSunnah wal Jama'ah, tidak boleh menyeleweng dari itu.

               Rupanya hak-hak yang diberikan kepada kaum perempuan, dengan persetujuan daripada Ulama sendiripun, sebab Ulama-ulamapun duduk dalam pemerintahan di samping raja, menyebabkan kaum perempuanpun setia memikul kewajibannya. Inipun berkesan kepada cara hidup mereka. Di seluruh tanah air kita ini, di Acehlah pakaian asli wanita memakai celana. Sebab merekapun turut aktif memegang peranan di dalam perang. Mereka menyediakan perbekalan makanan, mereka membantu di garis belakang dan merekapun pergi ke medan perang mengobati yang luka. Itu pula sebabnya maka "Sejarah Teuku Umar, Johan Pahlawan tidak dapat dipisahkan dari sejarah istrinya Teuku Cut Nyak Dhin yang bertahun-tahun setelah suaminya tewas mencapai sjahid di medan jihad, namun beliau, Pahlawan puteri itu masih meneruskan perjuangan, walaupun tinggal seorang diri. Dan hanya dapat ditangkap setelah seorang pengikutnya menunjukkan tempat persembunyiannya kepada serdadu Marsose Belanda, bukan karena pengkhianatan pengikut itu. Melainkan karena mempunyai keyakinan tidak ada perlunya meneruskan hidup dalam hutan, karena seluruh Aceh telah ditaklukkan dan Sultan sendiripun telah menyerahkan diri kepada Belanda, karena tidak mungkin lagi meneruskan perjuangan. Si pengikut yang menunjukkan tempat persembunyian beliau itu melihat bahwa Pahlawan Wanita itu telah mulai tua dan badan sakit-sakit karena kurang makan di hutan, sedang pengiringnya tidak lebih dari 4 atau 5 orang lagi yang tinggal.

               Seketika opsir Belanda yang disuruh menjeputnya hendak menjabat tangannya, beliau telah berkata.

               "Bek kamat ke, kapeh celaka". (Jangan pegang tanganku, kafir celaka).

               Semangat wanita pada suku bangsa yang seperti ini, menyebabkan tidak lagi heran jika ada di antara mereka yang sampai menjadi Anggota Balai Majelis Mahkamah Rakyat, bahkan 4 orang sampai menjadi Sultan Aceh.

Mereka diberi hak dan merekapun memikul kewajiban untuk agama, bangsa dan negara dengan penuh rasa tanggung jawab. Ulama pun menyokong mereka.

               Dan fikirkanlah dengan dalam! Betapa jauh perbedaan latar belakang wanita Aceh 358 tahun yang lalu itu dengan perjuangan wanita zaman sekarang. Mereka itu didorong oleh semangat jihad dan syahid karena ingin bersama menegakkan agama Allah dengan laki-laki, jauh daripada arti yang dapat kita ambil dari gerakan Vrouwen Emancipatie atau Feminisme zaman moderen sekarang ini.

III. WASIAT ISKANDAR MUDA
KEPADA ZURRIATNYA

. . . . . . dan lagi raja-raja hendaklah me'amalkan 8 perkara. Pertama hendaklah selalu ingat akan Allah dan meneguhi janji dengan sekalian Wazir-wazir dan meneteri hulubalang dan sekalian pegawai dan dengan sekalian rakyat. Kedua janganlah raja-raja menghinakan Alim Ulama dan yang ahli akal bijaksana. Ketiga, segala yang datang pada pihak musuh daripada seterusnya jangan sekali-kali raja percaya. Keempat, hendaklah raja memperbanyak alat senjata dan membeli kesangan rakyat dan wazir dan sipahi (=tentara), supaya jauhlah musuh raja, sebab ada yang menghalaukan dengan sayang. Kelima hendaklah raja menurun tangan, yakni murah. Hendaklah mengingat kesediaan rakyat, wazir dan alim-ulama dan sekalian sipahi dengan membalas jasanya masing-masing dengan tertib. Keenam hendaklah raja menjalankan hukum dengan hukum Kitab Allah dan Sunnah Rasul. Yaitu seperti yang telah tetap di dalam Qanun Al Asyi Darussalam. Pertama Al Qur' an, kedua Al Hadits, ketiga Ijma', keempat Qiyas, maka ke luar daripada itupun empat perkara. Pertama hukum, kedua adat, ketiga qanun, keempat resam. Ketujuh janganlah raja-raja itu duduk dengan orang yang jahat budi dan jahil. Kedelapan hendaklah raja-raja itu memeliharakan hati orang berbuat baik kepada raja dan kepada negeri dan kepada rakyat. Maka hendaklah raja memandang kepadanya serta memaniskan muka raja memandang mereka itu senantiasa hari, karena ia banyak kebaktian kepada raja. Hendaklah raja itu memeriksa sekalian wazir-wazir dan hulubalang dan segala orang yang jahat dan durhaka dan tiada ia mengikut qanun kerajaan. Maka tiap-tiap yang salah itu hendaklah dihukum dengan tertib menurut kesalahan dosa yang diperbuat, sesudah diperiksa dengan sehalus-halusnya, supaya jangan zhalim hukum.

               Dan demikian lagi raja-raja hendaklah senantiasa ia memandang sekalian Ulama dan bermusyawarat dengan Alim-Ulama dengan mendengar nasehat Ulama. Dan hendaklah raja-raja itu menjauhkan diri dari bersahabat dengan Ulama jahat dan Ulama jahil dan Ulama thamak. Yaitu Ulama-ulama yang suka memuji-muji raja dan maghzul[1] kan dia dan mengharap minta minta keridhaan raja. Maka Ulama itu thamak, yakni thamak kepada dunia. Maka Ulama itulah yang membikin huru-hara negeri dan yang memecah belah rakyat, seperti dajjal .... !"

Kutipan dari 

"Qanun Asyih Darussalam"

(Peraturan Pemerintah Aceh)

di zaman Iskandar Muda Mahkota Alam (1603 -1637).

IV. ISKANDAR ISTANI

               Setelah Mahkota Alam wafat dan menantunya Iskandar Istani dengan gelaran resmi 'Alauddin Al Mogayath Syah naik takhta, terasa benarlah bagaimana besarnya Pribadi Almarhum Iskandar Muda.

               Undang-undang Kerajaan yang dijalankan tidak lain daripada pusaka buah tangan beliau. Di mana-mana terasa bekas tangan dan bekas usaha beliau, sehingga meskipun baginda telah wafat pada tanggal yang pertama daripada abad ketujuh belas, namun bekas jasa dan usaha baginda itu masih terasa sampai sekarang ini, baik di seluruh Aceh, ataupun ke tanah Melayu. Seumpama dalam negeri Perak, yang pernah diperintah oleh Aceh, sampai kepada masa ini masih ada pangkat "Hulubalang", yaitu apa yang dinamai menurut adat-istiadat negeri Perak "Hulubalnng Delapan. Di seluruh negeri-negeri yang berbabasa Melayu, kecuali di Aceh, pangkat Hulubalang dipakai untuk gelar Komandan dalam peperangan. Di Aceh ialah pangkat dari Orang Besar Sipil. Di Perak gelar itu adalah menurut contoh di Aceh.

               Iskandar Muda juga menentukan pembahagian Meunasah dan Mukim. Masyarakat terkecil ialah masyarakat "gampong". (kampung). Kumpulan dari beberapa kampung mendirikan Meunasah, berasal daripada kata "Madrasah, tempat mempelajari agama. Apabila telah teguh berdiri beberapa gampong itu, berkumpullah dia menjadi "Mukim". dan wajiblah di sana berdiri sebuah Jum'at. Kepala masyarakat itu diberi gelar "Imeum, dari kata "Imam". Timbulnya nama mukim adalah dari ajaran Mazhab Syafi'i, yaitu apabila telah ada orang menetap (mukim atau mustauthin) di dalam sebuah negeri sekurangnya 40 orang yang dewasa, barulah sah berdiri sebuah Jum' at. Kumpulan daripada beberapa mukim itu berbentuk menjadi sebuah negeri yang diperintah oleh seorang Hulubalang (Uelueblang).

               Iskandar Istani (Stani) terkenal di dalam Sejarah Aceh sebagai seorang Sultan yang adil dan baik hati, pengasih kepada Ulama-ulama dan suka akan pembangunan-pembangunan agama. Baginda mau bertafakkur sejam dua jam mendengarkan Tuan Syekh Nuruddin Ar Raniri menguraikan soal-soal agama berkenaan dengan negeri Malabari, tetapi lebih lama usia beliau dihabiskan di Aceh. Tharikat Tasawuf yang dipegangnya ialah Tharikat Qadiriyah, yang dibangun di zaman dahulu oleh Sayid Abdulkadir Al Jailany. Beliau bertentangan faham dengan Syamsuddin As Samatrani dan Hamzah Fansuri berkenaan dengan Tasawuf. Yang ditentangnya ialah faham "Wujudiyah" (Existensialisme) yang diajarkan oleh Syamsuddin dan Hamzah. Sebab dalam pelajaran mereka itu dikatakan bahwasanya ZAT segala yang maujud ini pada hakikatnya tidaklah ada. Yang ada hanyalah ZAT ALLAH Ta'ala. Adapun Zat yang selain daripada Zat Tuhan, hanyalah semata-mata seumpama Zhill atau bayang-bayang saja daripada Tuhan! Atau seumpama ombak dengan lautan, atau seumpama perpaduan di antara besi yang dibakar dengan apinya!

               Bukan saja Syekh Nuruddin ahli Tasawuf, bahkan beliaulah yang menyusun mula-mula sekali kitab Ilmu Fiqhi di dalam bahasa Melayu. Itulah kitab Ash Shirathal Mustaqim. Dan daripada kitab itulah kemudiannya Syekh Arsyad Mufti negeri Banjar di zaman Sultan Adam AI Wasitq Billah dan Sultan Tamjid Billah, mengambil dasar daripada kitab itu untuk mengarang pula kitab Fiqhinya yang bernama "Sabilal Muhtadin" dan beratus-ratus lamanya kedua kitab Fiqhi itu menjadi pedoman Ulama Indonesia dalam menyebarkan ajaran Fiqhi Islam menurut dasar Mazhab Syafi'i. Besarlah jasa kedua kitab itu. Dari pengaruh kedua kitab itulah baru dilanjutkan usaha oleh Angkatan Pengarang-pengarang Fiqhi yang kemudian di dalam bahasa Melayu.

               Dan Syekh Nuruddin bukan saja berminat kepada ilmu Tasawuf dan Fiqhi, bahkan memperhatikan pula segi-segi sejarah. Beliau mengarang "Hikayat Raja-raja Pasai". Dalam hal sejarah beliau pernah bekerjasama dengan Tun Sri Lanang, dia ini tertawan di Aceh.

               Kebesaran jiwa Iskandar Muda dan jasanya mendidik anak raja-raja yang tertawan di Aceh menyebabkan rasa hormat kita kepada baginda. Anak-anak Raja Perak, Pahang (Iskandar Istani sendiri), Johor dan lain-lain disuruh belajar agama dan segala cabang ilmunya kepada tuan Syekh Nuruddin, sebagaimana Iskandar Muda sendiri di waktu mudanya belajar kepada Syekh Abdur Rauf di Kuala itu.

               Dari segi pemerintahan tidaklah menurun kepada beginda kebesaran mertuanya. Dia tidak bertindak meluaskan daerah takluk. Baginda hanya sekedar memelihara pusaka yang ditinggalkan. Setelah baginda naik nobat, beginda antarkanlah Raja Sulong, anak Raja Perak yang tertawan di Aceh buat menjadi Raja kembali di negeri Perak, dengan memakai gelar Sultan Muzaffar Syah II.

               Siasat Marhum Iskandar Muda Mahkota Alam mengangkat menantunya hadi penggantinya itu, padahal dia adalah sebagai keturunan langsung dari Sultan Pahang, menyebabkan orang Pahang merasa lega dalam hati. Sehingga dengan sendirinya orang Pahang datang ke Aceh untuk menyatakan taat setia kepada Kerajaan Aceh. Tetapi hal ini menyakitkan hati Sultan Johor, sehingga mereka melanjutkan persahabatn yang terbengkalai di kala Aceh dapat menaklukkan Johor, demi setelah Iskandar Muda mangkat, mereka sambung kembali, Iskandar Istani tidak mempunyai kekuatan lagi buat datang kembali menyerang Johor sebab Belanda dengan izin Sultan Johor telah mendirikan benteng-bentengnya di daerah itu.

               Pemegang pemerintahan di Aceh di zaman itu ternyata "dualistis". Sebab pada hakikatnya yang berkuasa bukanlah Sultan , tetapi Panglima Polim. Sultan Iskandar Istani lebih terkenal karena baik hatinya, karena taatnya mengerjakan agama dan kasih sayangnya kepada Ulama, terkenal sebagai ahli perang atau ahli siasat. Diapun selalu harus menunjukkan bahwa dia tidaklah "berkulit berisi", dia adalah setia kepada wasiat mertuanya. Dia yang Sulthan, tetapi kurang berkuasa. Abangnya Panglima Polim yang berkuasa, padahal tidak bergelar Sultan. Susunan pemerintahan seperti jualah yang kemudiannya dari tahun ke tahun, turunan demi turunan yang menyebabkan kelemahan kedudukan Sultan-sultan di Aceh!

               Panglima Polim mempunyai daerah merdeka sendiri, yaitu daerah XXII Mukim. Pada raja-raja yang datang di kemudian hari nampak juga pengaruh kuasa Panglima Polim. Kalau seorang Sultan dipandang oleh Panglima Polim (keturunannya) tiada layak atau tiada berkenan siasatnya, dia akan datang dengan tentaranya ke Kutaraja buat menyuruh Sultan turun dari singgasana dan mengangkat Sultan lain.

               Di samping kekuasaan Panglima Polim terdapat pula ambisi, keinginan turut berkuasa daripada permaisuri sendiri, Ratu Permaisuri Shafiatuddin. Banyak sekali pertolongannya kepada suaminya buat mempertahankan martabat beginda jika ada desakan politik dari Panglima Polim. Dipergunakannya benar-benar kedudukannya yang tinggi sebagai Puteri Gahara, yang lebih tinggi martabatnya daripada Panglima Polim sebagai puteri selir, untuk membela kedudukan suaminya.

               Oleh sebab itu maka pemerintahan Iskandar Istani Ala'uddin Al Mogayath Syah selama lima tahun, terlebih banyak hanyalah menjaga keteguhan di dalam, karena menyatukan tiga unsur penting dalam membentuk kewibawaan kesultanan, yaitu Iskandar Istani sendiri sebagai Sultan, Panglima Polim, sebagai "abang" menurut testamen politik Marhum Mahkota Alam dan Ratu Permaisuri sendiri, sebagai seorang puteri Aceh sejati yang bersemangat laki-laki.

               "Merebut Malaka" dari tangan Portugis adalah dipandang sebagai satu "claim nasional" oleh Raja-raja Islam Aceh itu. Tetapi dalam tahun 1640 telah berlengkap dan bersekutu di antara Kompeni Belanda dengan Sultan Johor buat merebut Malaka. Sultan Johor pada masa itu ialah Sultan Abdul Jalil Ri'ayat Syah dan pemimpin armada Belanda ialah Admiral Cornelis Matelief.

               Akhir tahun 1641 berhasillah pengepungan persekutuan Belanda dengan Johor buat merebut Malaka dan mengusir Portugis dari bumi Melayu. Di dalam Hikayat Hang Tuah disebutkan, bagaimana gagah perkasanya Bendahara Negeri Johor Datuk Paduka Raja dalam peperangan itu, sehingga benteng Malaka dapat dimasuki beliau dengan hanya bercawat saja dan di tangannya terhunus sebilah pedang.

               Maka tidaklah dapat Aceh masuk dalam persekutuan itu. Seketika Malaka telah dapat direbut dengan sorak sorai kemenangan, oleh Persekutuan Belanda dan Johor, orang di Aceh tengah berkabung, karena Sultan Iskandar Istani Ala'uddin Mogayath Syah telah mangkat. Bahkan perkabungan itu disambut terus oleh kemelut yang lain, yaitu tentang siapa yang berhak menjadi Raja menggantikan kedudukan baginda, karena baginda tidak meninggalkan putera.

V BOLEHKAH WANITA JADI SULTAN?

               Satu perbincangan yang mendalam pula, di samping membicarakan Ilmu Tasawuf, di zaman kejayaan Aceh itu ialah tentang sah tidaknya orang perempuan menjadi Sultan.

               Timbulnya pembicaraan para Ulama tentang boleh atau tidaknya perempuan menjadi Raja, menjadi bukti penting pula atas bagaimana telah tingginya perbincangan Hukum Fiqhi dan hukum kenegaraan di Aceh, di samping memperkatakan Tasawuf.

               Orang menghadapi satu kenyataan! Setelah Iskandarmuda Mahkota Alam yang Agung itu mangkat, Aceh tidak lagi mempunyai Insan sebagai dia yang begitu besar dan berwibawa. Penggantinya dan menantunya Iskandar Istani tidaklah memerintah dengan sepuas hati. Sebab dalam hati kecil masih terasa bahwa dia "Anak Dagang", atau "Bekas orang Tawanan" yang naik takhta atas belas kasihan tuannya. Dia mesti bertindak hati-hati memegang hati Abangnya Panglima Polim dan permaisurinya Shafiyatuddin!

               Bila setiap orang datang menghadap menjunjung Duli Sultan datang menyembah dan mencium lutut beginda sambil membahasakan baginda dengan "Daulat Tuanku", namun Panglima Polim bila masuk ke dalam istana bebas dari tradisi itu. Dia boleh mengatakan kepada Sultan "Gaga", artinya engkau sebagai bahasa abang kepada adiknya, bahkan Sulthanlah yang membahasakan dirinya "Odun Tuan" atau "Patik" kepada abangnya yang bukan raja itu.

               Demikian pula istrinya sendiri, Shafiyatuddin seorang wanita bangsawan yang penuh nafsu-nafsu kebesaran, karena ingat bahwa dirinya adalah Puteri Gahara (Padmi).

               Masih Iskandar Istani lagi hidup sudah berkembanglah bisik desus bagaimana jadinya Aceh kalau Sultan Iskandar Istani mangkat. Siapa yang akan naik takhta. Sejarah tidak menyebutkan bahwa Iskandar Istani meninggalkan putera laki-laki dengan Shafiyatuddin. Atau boleh juga disangka bahwa pertimbangan politik yang lebih mendalam. Oleh karena kian lama hubungan dengan Johor dan Pahang kian renggang, sebab pengaruh Belanda dalam daerah itu mulai masuk, menyebabkan orang besar-besar Aceh berfikir tidaklah layak lagi putera dari Iskandar Istani dijadikan Raja di Aceh, sebab pada hakikatnya putera itu bukan putera Aceh sejati. Maka kalau anak Iskandar Istani menjadi Raja, berhaklah Pahang menuntut agar Pahang dan Aceh disatukan, di bawah perintah Sulthan keturunan Pahang. Dan Belanda yang telah mulai bercokol di Johor dapat berdiri di belakang layar!

               Demi setelah Iskandar Istani mangkat, sudah jelas betapa naik bintang Panglima Polim! Kalau tidaklah dia seorang anak gundik keturunan Naubi (Sudan) terang dialah yang berhak jadi Raja. Tetapi beliau tidak dapat naik takhta sebab wasiat yang jelas daripada beginda ayahanda Iskandarmuda Mahkota Alam, bahwa engkau lebih baik menjadi, orang yang mengangkat Raja, daripada naik takhta kerajaan.

               Nama beliau dalam sejarah Aceh dikenal sebagai "Imam Hitam,(karena warna kulitnya hitam sebagai ibunya), dan setelah wafat kemudian dikenal gelar "pusthumusnya" -"Teungku di Batee Timoh."

               Setelah mangkat Iskandar Istani menjadi pembicaraanlah tentang siapa yang akan menjadi Raja. Kalau Panglima Polim ingin mengambil kesempatan, tentulah dengan segera dia dapat jadi Sultan. Tetapi dia hendak mencari jalan lain. Tak usah jadi Sultan, tetapi dapat menguasai Sultan! Dengan sebab itu namanya terpelihara karena memegang teguh wasiat paduka ayahandanya. Maka dicarinyalah jalan yang sangat sulit yang jarang sekali terjadi di dalam Sejarah Islam! Yaitu mencalonkan adiknya permaisuri Shafiyatuddin menjadi Sultan, menggantikan suaminya.

               Dalam pada itu dirapatkannya pula Ulama-ulama, dimintanya hal ini dibicarakan! Sahkah dalam Islam seorang perempuan jadi Raja?

               Ulama-ulama mengeluarkan pertimbangan bahwa pada pokoknya tidaklah boleh perempuan dijadikan "Sultan" sebab Sultan itu adalah memegang amar (perintah) sedang di dalam Hadits Nabi telah bertemu sabda yang jelas.

               "Rugilah suatu kaum apabila yang menjadi pemegang kekuasaannya ialah perempuan."

               Di Mesir di zaman Kerajaan Mameluk akan menggantikan Kerajaan Bani Ayub, pernah seorang perempuan naik takhta Kerajaan Mesir, yaitu Tuan Puteri "Syajaratud Duur" (Pohon Permata). Dia hanya 80 hari saja dapat menduduki takhta kerajaan, karena sayang dan bencinya kepada seseorang sangat mempengaruhi cara pemerintahannya, sehingga turunnya dari takhta kerajaan adalah karena dibunuh.

               Di Delhi, setelah negeri itu jatuh dari tangan Kerajaan Ghori kepada Kerajaan mameluk, pernah pula seorang perempuan diangkat menjadi Sultan. Yaitu Sultanah Rajiyah, saudara perempuan daripada Sultan Rukmuddin. Sampai dia dapat duduk di atas singgahsana Kerajaan 4 tahun lamanya. Tetapi kejatuhannya dari takhta kerajaan setelah 4 tahun mendudukinya adalah amat memalukan, sebab kedapatan "bermain muda" dengan hamba sahayanya seorang Habsyi.

               Dengan kejadian-kejadian seperti itu memperkuat pendirian Ulama bahwa perempuan tidak boleh menjadi Sultan.

               Tetapi Panglima Polim adalah seorang ahli siasat yang jarang taranya. Belisu berkata bahwasanya yang demikian tidak akan kejadian dalam Kerajaan Aceh. Sebab adat Aceh telah menentukan bahwa di samping Sultan atau Sultanah sudah ada "Polim"nya menurut adat, yang akan selalu mendampingi Sultan. Biarpun Sultan itu wanita, dia tidak akan dapat berbuat sekehendak hatinya, sebab Aceh mempunyai Qanun Mahkota Alam dan ada pula "Panglima" yang akan menjaga perjalanan qanun itu. Panglima Polim pun mempelajari agama, khusus yang berkenaan dengan pemerintahan! Dia berkata bahwa dalam Islam bukanlah perintah dari Pribadi seseorang yang penting, melainkan seseorang yang penting yang bersumber daripada Syari' at.

               Padahal tiada lain orang yang berhak naik takhta kerajaan melainkan adiknya Shafiyatuddin, puteri dari Iskandarmuda

               Mahkota Alam, permaisuri dari Iskandar Istani! Itulah "besi baik diringgiti", terkumpul dalam dirinya dua kebesaran. Adapun yang diminta oleh Panglima Polim hanya satu, yaitu wasiat paduka ayahanda Mahkota Alam diakui oleh orang besar-besar. Yaitu bagi Kerajaan Aceh ada "Polim"nya. Dia berhak memelihara wasiat itu, karena halangannya buat naik takhta hanyalah semata-mata karena dia anak gundik. Maka untuk menghormati Almarhum dan menjunjung tinggi wasiat beliau, orang besar-besar mesti memasukkan peraturan ini di dalam Qanun Kerajaan Aceh! Sebab dalam pokok ajaran Agama Islam sendiri, tidaklah ada perbedaan di antara anak Gundik atau anak Gahara.

               Dalam pada itu dibujuknya pula adiknya, Shafiyatuddin supaya sudi menerima menjadi Sultanah. Diucapkannya janjinya bahwa dia akan membela adiknya itu di dalam menghadapi sekalian kesukaran pemerintahan. Dia tahu senang saja! Segala kebesaran layak bagi Raja-raja besar akan dipakaikan kepada adiknya itu. Serahkan saja kepada beliau, abangnya yang akan menghadapi segala kemusykilan setiap hari. Dan bila duduk di balai penghadapan, Panglima Polim akan duduk di atas singgahsana yang lebih rendah dari singgasana beliau terletak di samping kirinya!

               Pintar benar Panglima itu mengatur siasat. Sebab di samping saranan bertubi-tubi, meminta fatwa Ulama, membujuk pula akan adiknya, namun tentara dari Daerah XX Mukim senantiasa bersiap menyerang Kutaraja jika siasatnya ini dibantah orang!

               Akhirnya berhasillah maksud Panglima Polim. Tidak ada lagi suara yang dapat membantah kenyataan, bahwa Shafiyatuddinlah yang berhak menggantikan suaminya menjadi Raja, sebab dia adalah puteri Raja dan permaisuri Raja! Naik takhtalah beginda dengan lantik gelaran Sultanah Taju'l Alam Shafiyatuddin Syah, disertai gelaran Melayu Puteri Sri Alam Permaisuri.

               Lama juga Sri Baginda Ratu itu memerintah, yaitu 34 tahun (1644 -1675 ).

               Di akhir hayatnya, dia dan kakandanya Panglima Polim sudah sama-sama tua. Dapatlah mereka berdua mengendalikan kerajaan pusaka ayahnya itu dengan aman dan damai. Panglima Polim I terlebih dahulu mangkat daripada adiknya. Dia digantikan oleh puteranya Panglima Polim II, Satya Muda Sakti Lam Cot.

               Masih untunglah bagi Panglima Polim II untuk mempertahankan hak sebagai "Polim" yang tidak tertegah mengucapkan "Gata" (engkau) kepada Raja, sebab setelah mangkat Sulthanah Shafiyatuddin Syah, diangkat pulalah puterinya menjadi Sultanah menggantikannya dengan gelar Sulthanah Nuru'l Alam Naqiyatuddin Syah.


Sri Ratu ini memerintah hanya 3 tahun (1675 -1678).

               Setelah Ratu ini mangkat diangkat pula anaknya perempuan jua, dengan gelar Sultanah ' Inayat Zakiyatuddin Syah, dan gelar Melayunya Puteri Raja Setia. memerintah 10 tahun (1678-1688).

               Setelah Sultanah ini mangkat, masih juga menang suara Panglima Polim, masih saja Raja Perempuan yang dinaikkan ke atas takhta kerajaan, yaitu adik dari Almarhumah Puteri Raja Setia ini, yaitu Sultanah Kamalat Syah (1688 -1699).

               Panglima Polim yang datang kemudian niscaya tidak sekuat neneknya yang dahulu lagi. Dan raja-raja perempuan yang datang di belakangpun tidak pula sebijaksana Shafiyatuddin Sulthanah yang pertama lagi. Tidaklah diherankan jika perkembangan-perkembangan selanjutnya telah menyebabkan timbulnya rasa tiada puas. Tiada puas menimbulkan kacau dan kacau menimbul huru-hara, sehingga Sultanah Kamalat Syah terpaksa diturunkan dari takhta (1699), Panglima Polim yang ketiga tidak dapat mempertahankannya lagi!

VI. SALIK BUTA & PENGAJIAN TUBUH

               Maka ramai dan makmurlah negeri Aceh. Bersemarak Agama Islam, terutama di zaman Iskandarmuda dan Iskandar Istani itu. Tercapai cota Iskandarmuda agar Aceh menjadi "Serambi Mekkah". Nama Aceh telah masyhur ke atas angin. Terkenallah bahwa Raja-raja Aceh itu amat sayang kepada Ulama, amat gembira memajukan ilmu pengetahuan Islam. Kemasyhuran Aceh sampai ke Hindustan, sampai ke Mekkah dan Mesir dan sampai ke Turki. Sultan menyediakan belanja yang seakan-akan tidak berbatas banyaknya untuk membelanjai perkembangan ilmu pengetahuan.

               Iskanda rmuda sendiri boleh dikatakan tidak berhenti berperang. Dalam perjalanan dibawanya Ulama seorang dua, untuk menjadi muallim mengajari para pahlawan. Dan di Aceh sendiri ramailah penuntut ilmu datang dari segala pelosok tanah Indonesia. Ada yang datang dari Minangkabau, Tanah Melayu, Makassar, Banten dan Jawa Timur. Itu pula sebabnya maka di zaman kedua orang Sultan Iskandar itu datang Syekh Hamzah, Syekh Syamsuddin, Syekh Fadiullah Burhanpuri, Syekh Rijaal, semua dari Hindustan. Dan datang pula dari Mekkah Tuan Syekh Abu' l Khair dan Syekh Muhammad AI Yamin.

               Dipelajarilah Ilmu Fiqhi menurut Mazhab Syafi'i sedalam-dalamnya. Apatah lagi bahasa Arab dengan segala alat kelengkapannya (keengkapannya): nahwu, saraf, manthiq maani. Malahan maju pulalah mengarang dalam bahasa Arab dan bahasa Melayu, sehingga perkembangan bahasa Melayu sekarang ini, yang telah menjadi bahasa Indonesia, haruslah distudi dengan mendalam tentang peranan yang diambil oleh Ulama-ulama di Aceh.

Dalam pada itu maju pula Ilmu Tasawuf!

               Dalam pada itu macam puyang murni, senantiasa tumbuh keinginan dan kerinduan mengenal (Ma'rifat) Allah, Ilmul Kalam (Sifat 20) yang mengajarkan dan mengasah fikiran untuk mempertahankan 'Aqidah telah dimulai oleh Abu'l Hasan Al Asy' ari dan Syekh Abu'l Mansur Al Maturidiy dan telah disempurnakan oleh Al Ghazali. Apabila kita telah mempelajari "Ilmul Kalam", ilmu "berbicara", kita telah dapat mempertahankan pendirian bahwa Allah Ta'ala ADA! Tanda ADANYA Allah Ta'ala adalanya Alam. Di"pinjam" manthiq Aristoteles. Disusun Muqaddimah Shughra (Praemise I), ditambahkan dengan Muqaddimah Kubra (Praemise II), lalu dibuat Natijah (konklusi). "Aku melihat Alam berubah-ubah (Mukaddimah I). Tiap-tiap yang berubah-ubah, adalah baru (Mukaddimah II). Dihapuskan kata berulang (berubah), dipertemukan pangkal mukaddimah pertama (Alam) dengan ujung mukaddimah kedua (baru), jadilah konklusinya. ALAM ITU BARU!

               Dibicarakan perkara Wujud. Mana wujud yang pasti dan mana wujud yang mungkin. Kemudian timbullah hasil penyelidikan bahwasanya yang pasti ada hanyalah yang tidak diikat oleh ruang dan tidak ditentukan oleh waktu. Itulah Wujud yang Mutlaq, dan itulah Allah!

               Kian lama kian terasalah bahwasanya Allah menurut Ilmul Kalam tidaklah memuaskan dahaga jiwa. Hanya otak yang cerdas mengakui adanya Allah, tetapi jiwa merasa kosong. Aku tidak mau hanya sekedar berpengetahuan bahwa Allah Ta'ala Ada, dengan otakku. Aku merasai adanya Allah dengan jiwaku! Meskipun ada Ilmul Kalam atau tidak ada samasekali!

               Hati nuraniku merasa rindu-dendam kepadaNya, bahkan merasai 'asyiq" dan cinta! Kalau boleh aku ingin Fana (lebur) ke dalam-Nya, supaya aku Baqaa (kekal) selama-lamanya.

Inilah rasa atau zauq yang menjadi pokok pangkal Tasawuf.

               Nabi Muhammad menunjukkan pelbagai rupa ajaran bagaimana cara mendekati Tuhan, namun demikian masih ada Insan yang belum puas. Dia hendak mencari lagi, supaya lebih terobat rendu-dendam ini.

               Maka berbagai rupalah usaha dan ikhtiar buat "ma'rifat" kepada Allah. Rabi'atul 'Adawiyah, guru Tasawuf wanita itu mengajarkan cinta . Abi Yazid Bustami mengajarkan 'Isyiq. Al Hallaj mengajarkan "berpaduan" di antara AKU dan Dia! Al Ghazali menyuruh berhati-hati, jangan sampai terperosok ke jalan lain, di dalam mencari hubungan dengan Dia.

               Alangkah banyaknya guru-guru yang telah menghadapkan jurusan fikiran ke lapangan Tasawuf ini. Terutama di dalam abad-abad ketujuh Hijriyah yakni di abad jatuhnya Baghdad! (656 Hijriyah), dan seterusnya.

Rupanya pembicaraan Tasawuf ini sampai juga ke Aceh.

               Datanglah beberapa orang Ulama ahli Tasawuf dari Mekkah sendiri, di antaranya Syekh Abu'l Khair dan Syekh Muhammad Al Yamin, keduanya mengajarkan:

               "Siapa yang mengenal akan dirinya, niscaya kenallah dia akan Tuhannya."

               Oleh sebab itu mencari Tuhan ialah dari pintu diri. Diri ini adalah hijab (dinding) yang membatas engkau dengan Tuhanmu!

               Dan berkata pula Syekh Muhammad Fadlullah Al Burhanpuri: "Sesungguhnya segala yang ujud (ada) ini, dipandang dari segi adanya. Dialah 'sin Al Haaq Allah Ta'ala, dan daripada segi 'sin, adalah lainnya. "

               Bersama dengan itu datang pulalah dua orang Ulama dari Hindustan yang lain, yaitu Hamzah dan Saifur Rijaal. Diadu pengajian dalam rahasia di antara Syekh dari Mekkah dengan Syekh dari Hindustan, rupanya dapatlah persesuaian. Hamzah rupanya lebih alim lagi pendeta. Cintanya kepada Allah adalah laksana cintanya Al Hallaj:

               "Kita alam ini hanyalah bayang-bayang belaka daripada Tuhan. Betapakah dapat diceraikan di antara bayang-bayang dengan yang empunya bayang?"

               Datang pula muridnya Syamsuddin Sumatrani, diapun berkata. bahwasanya "kembalikan" sesuatu kepada pangkalnya, pulangkan insan pada asalnya, barulah bertemu hakikat Tasawuf. Nama yang berbilang, adapun hakikat hanya satu. Allah, Adam dan Muhammad, semuanya adalah satu belaka pada hakikatnya. Apabila diadakan zikir yang sejati zikir, - kata Syamsuddin - maka nafikanlah diri, jangan lagi diingat akan adanya diri. Yang ada hanyalah Yang Sebenarnya Ada! Ada Aku dalam AdaNya.

"Tidak ada Aku kecuali Dia. "

Lanjutkan lagi.

"Tidak ada Dia kecuali Aku. "

Akhirnya engkau akan sampai kepada.

"Saya Dia "

               Di kala Iskandar muda Mahkota Alam masih lagi hayat, meskipun baginda tahu akan pengajian itu, biarkan ada pengajian begitu! Tidak mengapa! Karena suatu faham akan dibantah oleh faham yang lain!

               Tetapi setelah Raja Perkasa itu mangkat, pengajian Hamzah dan Syamsuddin telah tersebar kepada orang awam. Orang awam telah memperkatakan Tharikat, syari'at, ma'rifat dan hakikat. Mereka mengerjakan Suluk, sebab itu bernamalah mereka Salik! Mata pandangan mereka tertuju hanya kepada satu belaka, yaitu Allah! Dan Allah dalam diri! Buta mereka dari yang lain, nyalang mata mereka kepada Yang Esa! Maka disebutlah mereka oleh orang Aceh SALIK BUTA! Pengajian mereka bernama "WUJUDIYAH" (Existensialisme).

               Tak perlu ke sawah ke ladang lagi, karena hati sudah ma'rifat! Tidak perlu sembahyang lagi, karena Syari' at hanya bagi orang mubtadi (cara mula-mula menempuh jalan). Mereka mengerjakan zikir sampai jauh malam. "Allah, Allah, Allah," akhirnya kacau-balaulah di antara laki-Iaki dengan perempuan! Mereka merasa diri Tuhan!

               Waktu itulah muncul seorang Ulama Besar, yang kemudiannya akan berjasa besar menyiarkan Mazhab Syafi'i dan membanteras Tasawuf yang salah.

               Beliau pun sebagai Hamzah dan Syamsuddin, sama-sama berasal dari Hindustan. Beliaupun penganut Tharikat Qadariyah, yang disebut berasal dari ajaran Said Abdulkadir Al Jailany, tetapi beliau menolak faham Wujudiyah!

               Beliau banteras faham itu dan beliau tegakkan faham Salaf, faham yang diterima daripada Nabi dan sahabat-sahabatnya, yang disebut juga Faham Ahlis Sunnah wal Jama' ah. (Penyelidik Barat menamai Faham itu Orthodox, yaitu arti asal dari kalimat Salaf. Sehingga orang-orang Indonesia yang "mencoba-coba" membicarakan hal ini sebelum mengetahui pokok fikiran Islamy, kerapkali mengartikan bahwa faham beliau ini Kolot dan Faham Hamzah itulah "modernisasi ").

               Beliau itulah Syekh Nuruddin bin Muhammad Jailany bin Hasanji bin Muhammad Hamid Ar Raniri.

               Beliau banteras faham itu dalam tabligh-tablighnya, dalam karangan-karangannya, dalam fatwanya, sehingga gegerlah masyarakat Aceh karenanya.

               Di zaman pemerintahan Iskandar Istani pertengkaran ini sampai ke puncaknya, sampai Kerajaan Aceh mencampuri soal itu dan memanggil Syekh Nuruddin meminta fatwanya yang tegas. Kalau ternyata Faham Hamzah itu bertentangan dengan pokok syari'at, maka Kerajaan akan mengambil sikap tegas! Dan Syekh Nuruddin berani bertanggung jawab, bersoal jawab di mana saja!

               Kata setengah riwayat yang diterima dari mulut ke mulut di Aceh, bahwasanya kedua Syekh dari Mekkah, Abu'l Khair dan Muhammad Al Yamin telah pulang ke negerinya. Syekh Hamzah orang Fansur itu sedang menebarkan Tharikatnya ke Pariaman, Minangkabau, sedang Syekh Syamsuddin, murid Hamzah telah lama wafat! Yang dapat dihadirkan hanya beberapa guru yang menjalankan Tharikat Wujudiyah itu di Aceh dan berpuluh-puluh pengikut yang lain.

               Diadakanlah pertemuan besar di istana, di hadapan Sultan Iskandar Istani sendiri. Diadakan bahas hujjah. Syekh Nuruddin menetapkan kafirnya faham demikian! Karena alam terjadi bukanlah sebagai bayang-bayang dari Allah, tetapi tercipta atas kehendak Allah dengan kalimatNya "KUN". Zat Allah adalah Qadim dan Zat Alam adalah Hadits, terjadi Alam atas kehendakNya!

               Itu yang diterima dari Nabi saw. Adapun kepercayaan lain itu adalah pengaruh faham ZINDIQ yang masuk dari luar ke dalam Islam, setelah banyak tukang bid'ah mencampur aduk Islam dengan ajaran agama lain.

               Niscaya tidaklah ada yang berani berdebat bertantangan dengan Ulama yang kuat hujahnya itu. Suaranya keras melengking dan keningnya sempit lekas marah! Sebagaimana bawaan Ulama-ulama dari India, walaupun sudah lama makan sirih dan pinang cara Aceh! Apatah lagi ilmu itu selama ini dirahasiakan, tidak dibuka kepada Ulama! Sekarang beliau buka, beliau kupas, dan akhirnya dengan tegas dia memohon kepada Sultan agar kerajaan menentukan sikap tegas, supaya negeri jangan binasa. Supaya ladang dan sawah jangan ditinggalkan orang dan mesjid-mesjid jadi lengang karena orang merasa tidak perlu sembahyang lagi supaya yang sudah "wushul" (sampai) kepada Allah!

               Beliau usulkan supaya orang belajar Tauhid terlebih dahulu sampai matang, barulah dibolehkan belajar Tharikat atau masuk Suluk. Beliau usulkan supaya para Ulama yang memegang teguh syari'at diberi kesempatan terus mengarang buku-buku yang berguna bagi menuntun kepada jalan yang benar!

               Tidak ada di kalangan pengikut Wujudiyah yang dapat menegakkan alasan, karena memang ilmu Tasawuf pada hakikatnya bukanlah ilmu, melainkan rasa (zauq), sehingga Al Ghazali sendiri memesan berkali-kali supaya apa yang dirasai di dalam kasyaf jangan diajarkan kepada orang "awam", tetapi simpanlah sendiri!

               Maka musyawaratlah Sultan dengan abangnya Panglima Polim, dan Permaisurinya Sri Ratu Shafiyatuddin dan beberapa Ulama yang lain, mengambil sikap tegas. Akhirnya keluarlah keputusan Kerajaan menyatakan larangan kepada faham Wujudiyah atau "Salik Buta! Diperintahkan membakar kitab-kitab karangan Hamzah dan Syamsuddin, disuruh bongkar tempat-tempat kaum itu mengerjakan Suluk.

Pengikutnya disuruh taubat. Mana yang tidak mau taubat, dibunuh.

Maka ada yang taubat dan ada yang dibunuh.

               Kata setengah riwayat, Hamzah mati dibunuh sebagaimana membunuh Al Hallaj di Baghdad dahulu. Dan kata setengahnya lagi, menurut riwayat yang saya terima dari Tuan Haji Harun Ath Thubuhi Al Faryamani di Padang Panjang, Hamzah ketika itu sedang berada di Pariaman. Mendengar keputusan Pemerintah Aceh itu dia tidak berani pulang lagi ke Aceh! Dia meneruskan mengajarkan Tharikat itu sampai ke Calau Sijunjung, dan di sanalah dia meninggal. Kata Tuan Haji Harun tersebut, maqamnya ada di Calau dan Tharikatnya sampai sekarang masih ada dianut orang di sana dimasyhurkan orang Tuanku Calau.

               Maka ajaran Hamzah Fansuri itu dikenal di beberapa negeri dengan nama "Pengajian Tubuh", disebut juga Marlabat karena menurut Wujud itu melalui proses tujuh tingkat, ahadiyah, wahdah, wahidiyah, alam arwah, alam misal, alam ajsam, dan alam insan.

               Dan tersebar pula ajaran ini ke daerah Jawa, namanya disebut dalam Primbon Jawa "Kiyahi Hamzah" dan ajarannya disebut "Kawula Gusti".

Tersebar pula ajaran ini ke Makassar, dinamai "Tharikat Haji Paloppo".

               Adapun Syekh Nuruddin Ar Raniri, karena sikapnya yang gagah perkasa mempertahankan sunnah, atau Mazhab Salaf, yang disebut dalam istilah Orientalis Barat ORTHODOX, karena ketegasan dan kekerasan sikapnya itu, di zaman Sultanah Taju'l Alam Shafiyatuddin, diangkatlah beliau menjadi Mufti Kerajaan Aceh. Waktu itulah dikarangnya buku At Tibyan fi ma'rifatd aa'yan. (Penjelasan, untuk mengetahui agama-agama), khusus membantah Faham Wujudiyah, diceriterakannya dalam buku itu pertentangannya dengan Kaum Wujudiyah!

               Di waktu itu pula dikarangnya kitab "Ash Shirathal Mustaqim" tentang hal Ilmu Fiqhi. Dan dari buku inilah Syekh Arsyad Mufti Banjar mengambil dasar mengarang kitabnya "Sabilal Muhtadin" yang terkenal itu.

               Dalam kitab Ash Shirathal Mustaqim itu, Syekh Nuruddin menjelaskan fahamnya bahwa seorang Muslim tidak sah sembanyang menjadi ma'mum di belakang orang yang berfaham Wujudiyah!

               Atas perintah Sultanah Taju'l Alam kitab-kitab karangan Syekh Nuruddin disalin banyak-banyak dan dikirim ke seluruh rantau jajahan takluk negeri Aceh, akan adanya.

               Wallahu a'lam bish shawabi, wailahil marji'u wal maabu!
"Berusaha Ikut Mencerdaskan Anak Bangsa Lewat Handphone"


No comments:

Post a Comment