1. Menurut A.K Ellis 1991, IPS adalah :
Ø Sarana untuk pengembangan diri siswa secara positif yang dirancang untuk membantu siswa menjelaskan duniannya dan memberikan tempat bagi siswa untuk belajar dan mempraktekkan demokrasi dalam meningkatkan kepekakaan siswa terhadap masalah-masalah sosial sertra membantu siswa memperoleh pemahaman dasar ( faundamental understanding ) tentang sejarah, geografi, dan ilmu-ilmu sosial lainnya.
2. Menurut Barr dan teman-temannya (Nelson, 1987; Chapin dan Messick,1996) ,IPS adalah :
Ø Sebuah tradisi yang diajarkan pada siswa sebagai ilmu-ilmu sosial yang berasal dari pewarisan nilai kewarganegaraan ( citizen ship )dari nenek moyang terdahulu dan digunakan sebagai refleksi inquiri.
3. Roberta Woolover dan Kathryn P. Scoot (1987), IPS adalah :
Ø Suatu pewarisan nilai kewarganegaraan ( citi zenship transmission ) yang diajarkan sebagai pendidikan ilmu-ilmu sosial dalam dalam pengembangan pribadi siswa untuk berfukir reflektif ( reflective inquiry ) dalam proses pengembalian keputusan dan tindak yang rasional.
4. Edgar B Wesley mengatakan bahwa IPS adalah :
Ø Pelajaran yang sangat simple dan sederhana untuk pengajaran pedagogic disekolah, menurut pendapat ini pelajaran IPS mempelajari tentang ilmu – ilmu sejarah geografi, ekonomi, sosiologi, dan campuran dari beberapa ilmu social dimasyarakat.
5. John Jarolimek mengemukakan bahwa IPS adalah :
Ø Suatu pelajaran serbagai kurikulum sekolah dasar yang menggambarkan beberapa konten atau mata pelajaran dari IPS , sejarah, sosiologi, ilmu politik, ilmu psikologi, filosofo/sejarah, antropologi, dan ekonomi
No comments:
Post a Comment